Peringati HSN 2021, Bupati Blora Pimpin Apel Ala Santri

  • Bagikan

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Bupati Blora Arief Rohman memimpin apel bersama dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di halaman Kantornya dengan mengenakan sarung.

Apel bersama yang diikuti jajaran Forkopimda, TNI Polri, pimpinan OPD, Kemenag, para santri, pengurus PCNU berikut banom-banomnya, Jum’at (22/10).

Dalam kesempatan itu, Bupati Arief Rohman mengucapkan selamat hari santri serta syukur atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun kita rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda. Untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga,” ucapnya.

Maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga, menurut Bupati adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Sedangkan Siaga Raga menurutnya berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk lndonesia. Oleh karena itu, santri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk lndonesia.

“Jadi, Siaga Jiwa Raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui berbagai ‘tirakat’ lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Usai apel, acara ditutup dengan penyerahan bantuan dari Baznas Kabupaten Blora berupa beasiswa bagi 101 santri penghafal Al Quran di 30 Pondok Pesantren. Kemudian beasiswa untuk 57 mahasiswa berprestasi dari STAI Al Muhammad Cepu, STAI Khozinatul Ulum Blora dan STAI Muhammadiyah Blora. Yang diserahkan secara simbolis dari Baznas ke Bupati, untuk disalurkan ke Ponpes dan STAI. (Jay)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks