CEGAH BANJIR,PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) RANTING TURI CABANG LAMONGAN BAKSOS DI BANTARAN KALI KEMLAGIGEDE

ANALISAPUBLIK.COM LAMONGAN –  Untuk mencegah sumbatan aliran air Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan yang dapat mengakibatkan banjir, anggota Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Turi cabang Lamongan  bersama Polsek Turi, unsur pemerintah dan masyarakat melakukan aksi bersih-bersih sampah pasca banjir dan eceng gondok di sepanjang Kali Kemlagigede, Minggu (21/11/2021).

Para pendekar PSHT Ranting Turi Saling Bahu membahu membersikan Enceng Gondok.

Mereka antusias membersihkan dan mengangkut eceng gondok yang menutupi permukaan kali. Ratusan peserta aksi bersih-bersih turun ke kali, mengambil eceng gondok menggunakan peralatan seperti alat garukan, cangkul. Selanjutnya diangkat ke atas untuk diangkut menggunakan armada sampah. Beberapa pohon yang condong ke aliran kali juga ditebang.

Setelah eceng gondok dan sampah diangkat dari air ke permukaan, selanjutnya dinaikkan ke dalam armada pengangkut menggunakan mobil sampah.

Kepala Desa Kemlagi Lor Abdul Rohim mengatakan, aksi bersih-bersih sungai ini, merupakan Panggilan Jiwa yang  “Berbudi Luhur Tahu Salah dan Benar ,” ujar Abd Rohim.

Selain itu, lanjut Abd Rohim, aksi bersih-bersih juga untuk mengantisipasi banjir yang saat ini sudah mulai hujan “Ini kami lakukan agar tidak terjadi banjir lagi”, jelasnya.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, daerah Kemlagi lor juga terkena dampak banjir yang melanda sebagian wilayah Bengawan Njero dan sekitarnya. Banyak warga yang terkena dampaknya. Dalam kesempatan karya bakti tersebut.

Abd Rohim berharap, masyarakat bisa lebih peduli untuk mencegah banjir melalui budaya membuang sampah pada tempatnya. “Masyarakat diharapkan peduli lingkungan sehingga tidak membuang sampah ke kali yang dapat menimbulkan banjir”. harap Trantib Kecamatan Turi Kasmin.

Pada kesempatan itu juga,Trantib Kecamatan Turi Kasmin turut menanam pohon di sepanjang Kali Babelan bersama unsur pemerintah dan masyarakat setempat.

Di tempat yang sama, Sekretaris Desa Abdur Rohim mengatakan,”Puluhan Anggota PSHT membersihkan tanaman gulma di pinggiran kali”,Terangnya

Ia menambahkan, pembersihan kali dari eceng gondok merupakan langkah penting guna memperlancar aliran air apabila terjadi debit air tinggi. “Dengan lancarnya aliran air, diharapkan tidak lagi menggenangi rumah warga”, harapnya.

“PSHT selalu siap membantu masyarakat yang mengalami kesulitan, seperti yang terkena banjir beberapa waktu lalu, mudah-mudahan kegiatan hari ini bisa mencegah terjadinya banjir susulan”, tutupnya.(Nur/Mad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks