Gelar RDP,BPR Menjadi Perumda

  • Bagikan

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri.Komisi 4 DPRD Kabupaten Kediri, menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) soal perubahan Status Perusahaan Daerah, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) BPR.selasa(9/11)

Pada agenda yang dilaksanakan, di Gedung DPRD Kabupaten Kediri tampak dihadiri, oleh sejumlah SKPD, Bagian Hukum Pemkab Kediri, serta satu lembaga BPR di Kabupaten Kediri.

Dalam kegiatan ini Khusnul Arif, Anggota Pansus Perubahan Status PD BPR mengatakan, tujuan pendirian Perumda BPR Bank Daerah untuk meningkatkan  peran dan fungsi Badan Usaha Milik Daerah,  dalam mendorong pertumbuhan perekonomian pemerataan pembangunan daerah dan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah.

“Hal ini dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Kediri yang maju mandiri dan berdaya saing melalui pelayanan perbankan.”kata Khusnul Arif,Anggota Pansus Perubahan.

Khusnul Arif menambahkan, tujuan lain pendirian Perumda BPR Bank Daerah, guna memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian Daerah,
memperluas akses keuangan kepada Masyarakat, serta mendorong pembiayaan usaha mikro yang efektif, efisien dan berdaya guna.

“pendirian Perumda BPR Bank Daerah diprioritaskan dalam rangka menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan atau jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat sesuai kondisi karakteristik, dan potensi Daerah, yang bersangkutan berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik.” ujar Khusnul Arif.

Untuk diketahui modal yang telah disetor Pemerintah Daerah kepada PD BPR Bank Daerah Kabupaten Kediri, sebagai modal disetor sebesar 15 Miliar Rupiah dan telah memberikan kontribusi PAD, sampai dengan kinerja tutup buku tahun 2020, sebesar 20,137  Miliar Rupiah. Sementara,  nilai aset  per 30 Juni 2021, sebesar 125,66 Miliar Rupiah.(pan/kom)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks