Mas Bup Terapkan Sistem Mina Padi,Ajak Petani Raup Untung Ganda

  • Bagikan

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri.Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar panen ikan di desa Sambirejo kecamatan Gampengrejo, bersama para petani setempat. Panen ikan jenis nila ini, merupakan hasil sistem mina padi yang digalakkan dinas perikanan.rabu(3/11)

Di kecamatan tersebut, merupakan lokasi percontohan sistem mina padi pertama dengan keuntungan ganda. Yakni, selain mendapatkan hasil panen padi, petani juga memperoleh keuntungan dari panen ikan nila.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Nur Hafid mengatakan, sistem mina padi ini disarankan untuk lokasi pertanian yang memiliki aliran air lancar. Sehingga, irigasi untuk sawah lancar dan pergantian air untuk kolam ikan juga mudah. Sementara, rasio mina padi ini, satu hektar lahan pertanian dapat di budidaya ikan sekitar 20 ribu ekor.

“Disarankan lokasi yang mudah air, baik untuk pertanian maupun untuk perikanan. Jika lokasi mina PADI yang sulit air, justru akan merepotkan petani itu sendiri.” Kata Nur Hafid.

Program ini, langsung mendapatkan dukungan dari Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Permana. Menurutnya, jika dilihat dari segi keuntungan, per 1 hektar lahan rata-rata mampu memanen 1,8 ton ikan. Tentu ini akan memberikan keuntungan ganda bagi para petani.

“Kami berharap semua kecamatan nantinya juga menerapkan sistem mina padi. Tidak hanya maju di sektor pertanian, tapi juga sektor perikanan.” Ucap Mas Bup.

Diketahui, dipilihnya ikan nila sebagai sistem mina padi ini, karena jenis ikan nila dapat memakan hewan dan tumbuhan. Sehingga cocok jika dibudidayakan di daerah persawahan.(pan/kom)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks