Proyek Peningkatan Jalan Senilai 1,2 Miliar di Blora Tak Sesuai Spesifikasi Dibongkar

  • Bagikan

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Proyek peningkatan jalan Ngumbul-Pelemsengir yang ada di wilayah Kecamatan Todanan Kabupaten Blora akhirnya dibongkar. Proyek senilai Rp 1,2 miliar ini dibongkar lantaran pengecoran atau pembetonan diselingi grosok.

Kabid Bina Marga 1 Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Blora, Margo Yuwono mengatakan bahwa hasil temuan di lapangan ditemukan adanya campuran grosok pada pengecoran jalan.

“Setelah ramai di medsos kita lakukan pertemuan evaluasi proyek tanggal 18 November, dilanjutkan pengecekan lapangan dan pengecoran dan terbukti ada beberapa material grosok yang ikut tercampur. Hari kemarin baru ditemukan 4 segmen. Berhubung kendala alat dan cuaca pengecekan akan dilanjutkan hari berikutnya,” ujarnya melalui kontak whatsappnya, Sabtu (20/11).

Ia menambahkan, pekerjaan peningkatan jalan Ngumbul-Pelemsengir ini tidak sesuai spesifikasi, seperti ketebalan beton kurang dari maksimal.

“Selain dilakukan pembongkaran, rekanan juga wajib mengganti dengan pekerjaan baru sesuai spesifikasi teknik,” tegas Margo.

Sementara itu, Edi salah satu pekerja mengatakan bahwa pembongkaran beton dilakukan lantaran pengecoran diselingi grosok. Ia menegaskan bahwa pekerjaannya sudah sesuai spesifikasinya.

“Ukuran besi yang melintang 13 mm, sedangkan yang memanjang ukuran 10 mm dengan jumlah 9 besi panjang sesuai dengan bidang (segmen). Satu segmennya panjangnya 5 meter. Beton akan dibongkar sepanjang ketika kelihatan batunya (grosok). Jika sudah tidak kelihatan, ya sudah selesai, tidak dilanjutkan pembongkaran,” kata Edi.

Parno, warga setempat mengaku tahu kejadian itu dan segmen mana saja yang diselingi grosok.

“Pernah menegur (para pekerja) juga. Kalau setahu saya ya di ujung cor ini sampai samping masjid. Selain itu, cor seberang jalan beton yang lama pas di turunan itu tapi hanya sedikit,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan di lokasi, pengecoran yang sudah dikerjakan baru satu sisi, yakni sekitar 472,3 meter x 4,5 meter. Sedangkan yang diberi tanda akan dibongkar sebanyak 9 bidang atau segmen.

Proyek dengan nama paket peningkatan jalan Ngumbul-Pelemsengir, tepatnya turut wilayah Desa Kacangan Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Proyek dengan hasil negosiasi Rp 1.259.905.000,00 bersumber APBD Blora 2021 ini dimenangkan oleh CV. Qurata Jaya beralamat di Dukuh Sitirejo RT. 005/001 Desa Sitirejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora dengan konsultan pengawas CV. Kartika Jaya Consultant. Proyek ini dimulai tanggal 12 Oktober dan akan berakhir pada tanggal 25 Desember 2021 (75 hari kalender). (Jay)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks