Wabup Lingga Gelar Lomba Pantun, Kritik Pemkab Lingga Melalui Akun Pribadinya

ANALISAPUBLIK.COM | Lingga – Wakil Bupati Lingga, Neko Wesha Pawelloy, menggelar lomba pantun kritik Pemerintah Kabupaten Lingga yang diumumkannya melalui media sosial resminya dan akun milik pribadinya.

“Ini inisiatif kita untuk mengajak masyarakat Lingga, di usia ke 18 tahun ini merupakan usia akil baliq dalam Islam artinya di usia dewasa kabupaten kita ini, masyarakat memiliki hak untuk bersuara baik itu kritik maupun saran,” ujar Neko kepada awak media, pada Rabu (03 November 2021).

Dipilihnya pantun sebagai salah satu karya sastra yang merupakan bagian dari puisi Melayu tentunya tidak terlepas dari jati diri Kabupaten Lingga, sebagai Bunda Tanah Melayu yang lahir dari Kerajaan Riau-Lingga, yang telah melahirkan banyak sastrawan ternama salah satunya Raja Ali Haji

Menurutnya pantun memiliki ciri yang khas, digunakan dalam setiap pertemuan bahkan oleh orang-orang dulu tidak jarang pantun dijadikan kata-kata dalam komunikasi untuk mengingatkan atau menyindir dengan bahasa sastra yang indah, yang membuat pendengar atau penerimanya tidak tersinggung.

“Tentunya sebagai jati diri orang Melayu, yang sangat identik dengan sopan santun, dan pantun sering dijadikan bahasa kiasan untuk menyindir, atau mengingatkan,” ujarnya.

Di bulan November 2021 yang merupakan bulan lahirnya Kabupaten Lingga, sebagai daerah otonom, dirinya juga ingin seluruh masyarakat ikut merasakan dampak dari kehadiran kabupaten tersebut, sehingga pemerintah perlu dikritik untuk mendapatkan masukan dan saran yang baik.

“Pemerintah perlu dikritik, dan media sosial dapat jadi sarana positif untuk memberikan kritik yang membangun, dan mengingatkan kami selaku pemimpin,” ujarnya.

Salah satu syarat peserta pantun yaitu, Video Pantun ditayangkan di masing-masing akun media sosial (Facebook dan Instagram) dengan menambah tagar #kritikpakwabup, #nwpbepantun #hutlinggake18 dan menandai akun resmi media sosial, Halaman Facebook: @nekoweshapawelloy dan Instagram: @nekoweshapawelloy dan wajib mengikuti halaman facebook dan instagram nekoweshapawelloy.

(ijal)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks