Bangkitkan Gairah Olah Raga Catur,Percasi Kabupaten Kediri Selenggarakan Bupati Kediri Cup 2021

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri.Sempat mati suri lama dunia catur Kabupaten Kediri mulai bangkit. Hal itu bisa terlihat dari antuasiasme para peserta turnamen catur Bupati Kediri Cup 2021 edisi perdana.Minggu, (19/12/2021).

Digelar di Pendopo Panjalu Djayati, Kabupaten Kediri turnamen yang merupakan pertama kali ini dibuka Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa. Bupati Cup diharapkan bisa meningkatkan kecintaan masyarakat terutama remaja dan anak muda kepada olahraga catur.

” Selain mengajak para generasi muda aktif berkarya di bidang olahraga, Saya harap juga dapat menjadi event untuk meningkatkan motivasi dan kecintaan para generasi muda pada olahraga catur. Serta dalam rangka mencari pecatur handal Kabupaten Kediri yang bisa berbicara di level nasional bahkan internasional, ” ujar Wabup Kediri saat membacakan sambutan dari Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana.

Turnamen catur Bupati Cup edisi perdana ini diikuti kurang lebih 220 peserta, dengan pembagian 120 adalah peserta anak sekolah dan sisanya masuk kategori umum. Untuk anak sekolah sendiri diikuti tingkat junior dari jenjang SD, SMP hingga SMA/SMK yang mana para peserta masuk dalam putra daerah Kabupaten Kediri.

Masih di tempat yang sama” Untuk kategori sekolah ini sebagai basis data kita untuk calon atlet kita, yang bisa kita proyeksikan ke jenjang yang lebih tinggi, baik Kejurprov, Nasional bahkan internasional. Sementara untuk kategori senior dihadiri peserta dari luar Jawa seperti Sumatera Barat, NTB dan seterusnya, ” ujar Ketua Percasi Kabupaten Kediri periode 2020-2024 Randy Agatha.

Randy menambahkan selama ini Kabupaten Kediri sebenarnya gudang atlet di segala cabang olahraga. Namun, banyak atlet dimanfaatkan daerah lain. Event ini juga akan menjadi langkah awal penjaringan untuk pembinaan. Sehingga para atlet terutama atlet catur diharapkan bisa lebih berprestasi untuk mengharumkan nama Kabupaten Kediri.

” Event ini bisa dibilang pintu bibit muda. Kita telah berkomitmen dengan KONI, harus kembali bisa membawa marwah nama baik kabupaten Kediri di bidang olahraga, ” tambah Randy lagi.

Peserta turnamen catur Bupati Cup sendiri dibatasi untuk menjaga agar tertib protokol kesehatan tetap bisa diterapkan. Selain itu panitia juga menyiapkan masker serta hand sanitizer untuk para peserta. Jika tanpa dibatasi, peserta diprediksi bisa mencapai 500 orang.

Apresiasi pun turut disampaikan oleh pihak KONI atas terselenggaranya kegiatan tersebut. ” Besar harapan saya nanti akan muncul atlet-atlet catur di Kabupaten Kediri yang mampu berkata di tingkat provinsi dan nasional, ” tutur Ketua KONI Kabupaten Kediri Dedi Kurniawan.

Turnamen catur Bupati Cup sekaligus menjadi saksi pengukuhan jajaran pengurus Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kabupaten Kediri periode 2020-2024. Randy Agatha ditetapkan sebagai Ketua Percasi, didampingi Drs. Dakroni dan M. Irwan sebagai Wakil Ketua 1 dan 2, dan jajaran pengurus lainnya. (pan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks