Bupati Launching Nama Baru ‘Jatmiko – Puspito’ Kepada Duta Wisata Tulungagung 2021

  • Bagikan

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung – Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo MM. membuka acara Grand Final pemilihan Duta Wisata Kabupaten Tulungagung tahun 2021, Sabtu (04/12/2021).

Acara yang digelar di Hall Convention Barata tersebut dihadiri pula oleh Wabup Gatut Sunu Wibowo, Sekdakab beserta unsur Forkopimda lainnya.

Dalam kesempatan ini selain membuka acara, Bupati Maryoto Birowo
juga melaunching nama baru sebutan dari duta wisata Tulungagung, yakni dengan sebutan Jatmiko – Puspito.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo seusai acara saat ditemui sejumlah wartawan mengatakan, dengan dibukanya pansela melalui jalur lintas selatan (JLS) akan semakin banyak wisata pantai di Tulungagung. Untuk itu menurut Bupati diperlukan adanya duta wisata yang bisa menyampaikan terhadap promosi mengenai wisata, karena wisata merupakan potensi yang sangat bagus untuk pengembangan pemerintah daerah yang sekaligus untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).
Dengan adanya Duta Wisata ini sangatlah diperlukan untuk menyampaikan pesan wisata di Kabupaten Tulungagung, utamanya yang menyangkut promosi mengenai kelebihan – kelebihan fasilitas yang ada.

“Termasuk tidak bisa lepas dari masalah view dari wisata tersebut disini ada suatu kenyamanan pesona wisata di kabupaten Tulungagung. Oleh karena itu diperlukan seorang peran guide melalui duta wisata untuk meng up wisata yang ada di Tulungagung,” ujar Maryoto.

Sedangkan terkait nama Jatmiko Bupati menjelaskan mana Jatmiko itu merupakan sosok kepemimpinan pemuda yang sangat cerdas, punya kepribadian yang bagus tentu saja secara managerial juga punya kemampuan yang bagus.
“Sedangkan Puspito itu merupakan sosok perempuan yang tangguh punya kepribadian yang tinggi sebagai wanita. Dua – duanya merupakan pasangan yang harmonis sehingga dengan memakai nama Jatmiko – Puspito mempunyai satu ciri khas bahwa Duta Wisata kabupaten Tulungagung adalah Jatmiko dan Puspito,” tuturnya.

Kepala Disbudpar Kabupaten Tulungagung Bambang Ermawan menjelaskan, acara tersebut merupakan puncak dari serangkaian tahapan tahapan sebelumnya, dari pendaftaran peserta tanggal 1 – 26 Oktober 2021, dilanjutkan tahapan seleksi tes tulis dan wawancara tanggal 6 – 7 November hingga kemudian dari 135 peserta terpilih 10 pasang (putra – putri) yang mengikuti dalam acara grand final. Dari 10 peserta itu dipilih lagi menjadi 5 besar yang akhirnya di kukuhkan menjadi juaranya.
“Dari 135 peserta diseleksi sebanya 10 pasang yang ikut pada grand final malam ini yang selanjutnya dinilai lagi oleh empat juri untuk ditetapkan sebagai juaranya,” terang Bambang Ermawan.

Dengan diadakannya acara pemilihan duta wisata ini menurut Bambang bertujuan memberikan wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam pengembangan kepariwisataan serta memberikan pemahaman dan pengetahuan serta wawasan kepada generasi muda di bidang kepariwisataan.
“Sebagai generasi muda diharapkan mampu mengembangkan pariwisata melalui media sosial dan generasi muda sebagai garda depan dalam mengembangkan kepariwisataan di kabupaten Tulungagung,” harapnya.

Sementara itu Bambang juga mengungkapkan dengan nama baru Jatmiko – Puspito ini sejarah baru dan merupakan kebanggaan masyarakat Tulungagung dengan tampilnya nama baru yang diilhami oleh Bupati diambil dari kesan sempurnanya seorang pria dan wanita
“Dengan adanya nama baru Jatmiko – Puspito itu berati sebutan Kakang – Mbakyu seperti daerah lain kita tinggalkan. Semoga dengan terpilihnya Duta Wisata ini bisa membawa harapan baru terhadap perkembangan wisata di Tulungagung yang lebih baik lagi,” terangnya.

Adapun Duta Wisata yang terpilih menjadi juara adalah sebagai berikut ini :
Putra Peringkat 1 nilai 77,30 diraih Farid Ashari, Peringkat 2 nilai 76,61 Puthut Gondo Wicaksono, Peringkat 3 nilai 75,94 Arya Lintang Satria, Peringkat 4 nilai 75,22 Fahmi Daud Ibrahim dan Peringkat 5 nilai 74,17 Abelian Nathaniel Prastio.

Sedangkan Putri, peringkat 1 dengan nilai 77,37 diraih Miftachul Chusna. Peringkat 2 diraih Putri titis Pramesti dengan nilai 76,17, Peringkat 3 nilai 75,16 Kiki Trihandayani. Kemudian, peringkat 4 nilai 74,35 Fransiska Vallentina Indria Prastiti, peringkat 5 dengan nilai 66,70 Hanifatus Zulanina.
( Endi S )

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks