Gunung Semeru Erupsi, Relawan dan Tim Abah Tindik Doa Bersama

ANALISAPUBLIK.COM | Lumajang – Gunung Semeru relatif tenang dibanding kemarin. Tak ada erupsi yang terpantau hingga saat ini.

Secara visual Gunung Semeru terlihat jelas. Sejak pukul 00:00 WIB-06:00 WIB, kondisi cuaca di Semeru cerah dengan kegempaan hembusan jumlah 5 kejadian, amplitudo 2 – 7 milimeter, durasi 30 – 85 detik.

“Untuk tektonik jauhnya 4 kali, kejadian amplitudonya 2 – 22 milimeter, S-P 20 – 24 detik dengan durasi 33 – 147 milimeter,” ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Semeru Liswanto kepada analisapublik.com, Minggu (19/12/2021).

  1. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak itu, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.
  2. Tidak beraktivitas dalam radius 5 km dari kawah/puncak Semeru karena rawan terhadap lontaran batu (pijar).
  3. Mewaspadai potensi awan panas guguran, guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lebah yang berhulu di puncak Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.

Sejak erupsi dengan membawa awan panas guguran Gunung Semeru, banyak material abu vulkanik dan membuat aliran sungai pembuangan lahar dari Gunung semeru dangkal. Akhirnya setiap hujan deras membuat banjir lahar dingin meluber ke perkampungan warga dan jalan desa, jadi selalu waspada,” ujar Sigit warga Kamar Kajang yang selamat dari banjir lahar.

Mayor Sapaat beserta tim Sar dan kepala desa sumber wuluh kecamatan candi puro, kabupaten lumajang dengan abahtindik bersama untuk melakukam doa bersama di atas guguran lahar dingin, agar segera bisa diselesaikannya membuat aliran sungai yang ditengarai tidak bisa mengalir akibat penuhnya lokasi sungai dengan tumpukan lahar dingin, disinyalir lahar dingin menumpuk sedalam 60m kedalamannya.

(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks