Mas Bup Terus Mendorong Dispendukcapil untuk Berinovasi

ANALISAPUBLIK.COM | Kediri.Setelah sepanjang Tahun 2021 melakukan gebrakan yang luar biasa di bidang pelayanan dokumen kependudukan yaitu melalui aplikasi sahaja online, online desa, sahaja update dan mendekatkan pelayanan di 15 (lima belas) kantor kecamatan yang sering disebut dengan pelayanan SAHAJA LEKAT (satu hari jadi, lebih dekat), kini di Tahun 2022 Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana, S.H. yang akrab dipanggil Mas Bup memastikan bahwa SAHAJA LEKAT harus sudah ada di seluruh kecamatan. Artinya tahun ini dipastikan ada 26 (dua puluh enam) SAHAJA LEKAT. Nanti yang 11 (sebelas) akan dilaksanakan secara bertahap tetapi yang jelas tahun ini. Tegas orang no.1 di Pemkab Kediri ini.

Kepala Dispendukcapil Kab. Kediri melalui kabid pelayanan pencatatan sipil, Randy Agatha menjelaskan “bahwa inovasi pelayanan ini tidak berhenti hanya pada menambah titik lokasi layanan tetapi juga menambah menu layanan dokumen Adminduk. Selama ini di SAHAJA LEKAT hanya melayani 6 (enam) jenis dokumen Adminduk saja. Tetapi mulai tahun 2022 ini ditambah menjadi 8 (delapan) jenis pelayanan”. Sehingga SAHAJA LEKAT mampu melayani 14 (empat belas) jenis pelayanan, sebagai berikut :
1. KTP
2. Akta Kelahiran Permohonan Baru
3. Akta Kelahiran Perubahan/ Pembetulan/ Hilang/ Rusak
4. Akta Kematian Permohonan Baru
5. Akta Kematian Perubahan/ Pembetulan/ Hilang/ Rusak
6. Kartu Keluarga
7. Surat Pindah Masuk
8. Surat Pindah Keluar
9. Pelaporan Kelahiran Luar Negeri
10. SKTT (Surat Keterangan Tempat Tinggal) bagi WNA
11. Kartu Keluarga bagi WNA
12. KTP bagi WNA
13. Perekaman bagi warga luar daerah
14. KTP hilang bagi warga luar daerah.senin(31/1)

“Dengan ditambahnya jenis pelayanan ini jelas bertujuan untuk memberikan kemudahan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kami akan terus berinovasi demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan visi misi Bupati Kediri, H. Hanindhito Himawan Pramana, S.H. Khususnya dalam hal pelayanan dokumen kependudukan”.lanjut mantan Plt. Kalak BPBD tersebut.

Terakhir disamapikan”sejak akhir Tahun 2021, Dispendukcapil juga membuka layanan di setiap hari Sabtu pada semua titik layanan SAHAJA LEKAT. Secara tegas beliau menyampaikan bahwa pelayanan dokumen kependudukan harus dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan semua layanan tersebut gratis, tutup Randy Agatha di akhir wawancaranya bersama awak media.(pan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks