Tingkatkan Imtaq, Korem 073/Makutarama Gelar Ceramah Binroh dan Bintalidjuang

ANALISAPUBLIK.COM | Salatiga – Guna meningkatkan Iman dan Taqwa (imtaq), Korem 073/Makutarama melalui program triwulan I tahun 2022 melaksanakan acara ceramah Pembinaan Rohani (Binroh) dan Pembinaan mental ideologi kejuangan (Bintalidjuang) kepada prajurit, PNS, Disjan jajaran Korem serta Persit di Aula Makorem, jalan Diponegoro No. 28 Salatiga, Jawa Tengah. Senin (17/01).

Dalam sambutannya, Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo menyampaikan, sebagai insan yang beriman dan bertaqwa marilah senantiasa memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT Yang Maha Kuasa.

“Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita masih diberikan kekuatan lahir dan batin sehingga dapat mengikuti kegiatan ceramah Binroh dan Bintalidjuang di Korem 073/Makutarama dalam keadaan sehat wal’afiat,” ucap Danrem.

Selaku Komandan Korem 073/Makutarama dan atas nama pribadi, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada Ketua Tim dari Bintaldam IV/Diponegoro beserta rombongan yang berkenan hadir di Korem 073/Makutarama.

Berkenaan hal itu, sejarah bangsa Indonesia sudah terkenal di negara lain sebagai bangsa yang berbudaya luhur dan berkepribadian yang natural serta sebagai bangsa yang besar, bangsa yang cinta damai, mengutamakan kerukunan, serta kegotong-royongan serta toleransi terhadap perbedaan.

Mental rohani, Ideologi dan kejuangan yang merupakan nilai-nilai fundamental dan menjadi kesepakatan atau konsensus sebagai dasar landasan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, baik prajurit maupun PNS Korem 073/Makutarama dikatakan militan apabila mampu memiliki keunggulan moral, watak pantang menyerah, dan memiliki sifat rela berkorban.

“Melalui kegiatan ini saya berharap semoga dengan dilaksanakannya pembinaan mental rohani dan Ideologi serta kejuangan, kita mendapat pencerahan, sehingga dapat membentuk jati diri prajurit dan PNS Korem 073/Makutarama menjadi lebih baik serta selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Danrem.

Ketua Tim dari Bintaldam IV/Diponegoro Letkol Caj Drs Taukhid menyampaiakan, bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan penyuluhan Binroh dan Bintalidjuang untuk meningkatkan nasionalisme dan militansi prajurit dan PNS sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.

“Selain itu juga, pembinaan mental rohani serta mental ideologi dan kejuangan adalah untuk membangun prajurit dan PNS beserta keluarganya agar memiliki mental yang tangguh dan militan serta terhindar dari paham radikalisme yang tidak relevan dengan ideologi Pancasila,” kata Letkol Taukhid.

Selanjutnya, Mayor Caj Syamsul Ma’arif memimpin ceramah rohani bagi yang beragama Muslim. Sedangkan untuk non muslim dipimpin oleh Mayor Ckm I Wayan Balik Suatra dan Kapten Cpl Surasa.

Penulis : Pen
Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks