BPNT 2022 Mulai Disalurkan Lewat POS, Bupati Blora : Gunakan untuk Kebutuhan Pangan

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sekarang disalurkan dalam bentuk tunai melalui PT Pos Indonesia. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo dan Kementerian Sosial.

“Hari ini kita launching tentang pengalihan BPNT yang dulu non tunai sekarang kita dapat instruksi dari Bapak Presiden dan Kemensos untuk percepatan agar dialihkan tunai lewat Kantor POS semua,” jelas Bupati Blora, Arief Rohman saat penyaluran BPNT di Kelurahan Kunden, Minggu (20/02).

Disampaikan Bupati, para penerima agar dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

“Ini panjenengan dikasih uangnya langsung cash, diharapkan belanjanya sesuai dengan kebutuhan rumah tangga dan tetap dalam rangka menopang ketahanan pangan keluarga, seperti untuk beli beras, telur dan sebagainya” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga menyerahkan secara simbolis satu liter minyak goreng kepada seorang warga Kelurahan Kunden yang saat itu usai menerima vaksinasi dosis kedua, di Kantor Kelurahan Kunden.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial P3A Blora Indah Purwaningsih menjelaskan, bahwa penyaluran yang dilakukan untuk periode Januari-Maret ini dibagi dalam batch pertama maupun kedua.

“Blora untuk BPNT sebelumnya kita ada sekitar 78 ribuan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) penerima, tapi untuk saat ini setelah pengalihan dan kami sudah berkonsultasi dengan Sesdirjen Linjamsos dan sesdirjen PFM bahwa kegiatan ini memang bertahap dan yang pertama kita mendapatkan kuota 39.456,” ucapnya.

Lanjutnya, kemudian keseluruhan direncanakan ada 72 ribu sekian dan ternyata memang di batch pertama sebanyak 39.456, kemudian nanti ada batch kedua.

“Perbulan ada bantuan 200 ribu, sehingga kali ini dicairkan 600 ribu untuk periode Januari hingga Maret 2022,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Kantor POS Kabupaten Blora, Windha Saktiana mengungkapkan bahwa penyaluran BPNT melalui kantor Pos sudah dimulai pada 20 Februari 2022, khususnya untuk batch pertama.

“PT Pos Indonesia kami diamanahi oleh pemerintah untuk menyalurkan program BPNT 2022 untuk Kabupaten Blora, direncanakan untuk batch awal sebanyak 39.456 mulai hari ini minggu 20 Februari 2022 sampai 5 Maret 2022,” kata Windha.

“Pembayarannya akan dilakukan di seluruh kecamatan, di sejumlah titik” tambahnya

Sebagai informasi, penyerahan BPNT secara tunai dilakukan untuk tiga bulan (Januari-Maret), sehingga para penerima nantinya akan mendapatkan uang tunai sebesar 600 ribu rupiah.

Berdasarkan data dari Kelurahan Kunden, data BPNT yang ada di di Kelurahan Kunden sebanyak 129 orang dan pada hari ini dilakukan penyerahan kepada sebanyak 52 orang, sehingga masih ada kelanjutannya.

Hadir dalam acara launching tersebut, Ketua Komisi D DPRD Blora, Ahmad Labib Hilmy, perwakilan Forkopimda, Kepala Dinas Sosial P3A dan jajarannya.

Penulis : Arf
Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks