Penerapan Tilang ETLE di Banjarnegara Tingkatkan Disiplin Masyarakat

ANALISAPUBLIK.COM | Banjarnegara – Penerapan Tilang Elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yang dilakukan Satlantas Polres Banjarnegara memberikan dampak yang signifikan kepada masyarakat.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto melalui Kasatlantas AKP Erwin Chan Siregar mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi atas penerapan ETLE di Banjarnegara memberi dampak yang signifikan terhadap pengguna jalan. Selain itu, masyarakat juga menjadi lebih disiplin dan taat serta patuh berlalu lintas.

“ETLE mampu secara signifikan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” kata AKP Erwin di kantornya, Kamis (17/02).

Menurutnya, meski masih ada pelanggaran, tetapi dengan diterapkannya ETLE berdampak positif.

“Dengan penindakan melalui sistem ETLE ini diharapkan para pengguna jalan terus lebih tertib administrasi kepemilikan ranmor, meningkatkan kesadaran disiplin dan tertib dalam berlalu lintas untuk mengurangi terjadinya kemacetan dan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ucap Kasatlantas.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada masa pandemi Covid 19 ini, penindakan pelanggaran menggunakan kamera ETLE sangat efektif karena dapat mengurangi pertemuan antara petugas dan pelanggar. Sehingga dapat mendukung program pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid 19.

Selain itu juga dapat meminimalisir penyimpangan, mewujudkan transparansi dan akuntabilitas Polri dalam melayani masyarakat.

Polres Banjarnegara melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas dengan sistem ETLE dengan menerapkan penindakan menggunakan Kamera CCTV Statis dan juga dengan sistem Mobile Sigap. Dimana hasil tangkapan kamera pelanggaran oleh personel Dakgar Lantas diserahkan kepada operator. Kemudian, dilakukan verifikasi data dan dibuatkan surat konfirmasi yang selanjutnya diantar oleh kurir Go Sigap kepada alamat yang dituju.

“Pelanggar bisa melakukan konfirmasi secara online melalui layanan informasi nomor Whatsapp 085336558381 yang tertera pada surat kemudian dapat melakukan pembayaran secara online di rumah melalui BRIVA. Sehingga tidak harus datang ke pengadilan/kantor Satlantas Polres Banjarnegara,” terang AKP Erwin.

Pihaknya berharap, dengan penerapan ETLE ini dapat menurunkan angka kecelakaan di wilayah Banjarnegara.

“Dengan berjalannya ETLE ini, kami berharap masyarakat dapat lebih disiplin berlalulintas sehingga dapat mewujudkan zero accident khususnya di wilayah Banjarnegara,” tandasnya.

Untuk diketahui, penerapan ETLE sendiri merupakan terobosan dari Korlantas Polri yang bertujuan untuk mewujudkan dan mendukung program kerja 100 hari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menuju Polri yang presisi-prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan.

Penulis : Arf
Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks