Penyebab Jembatan Kacangan Kali Lamong sampai Ambruk

Jembatan Kali Lamong di Desa Kacangan, Kecamatan Benjeng, Gresik, yang ambruk pada akhir tahun lalu masih menunggu perbaikan

ANALISAPUBLIK.COM ( Gresik ) Ambruknya jembatan di Desa Kacangan, Benjeng, Gresik akhir 2021 lalu Jadi Misteri, kini telah terjawab. Tim ahli Pemkab Gresik menyebut penyebab runtuhnya jembatan yang melintasi Kali Lamong itu diduga kuat karena tebing longsor tergerus air.

Sebelumnya, terdapat tiga dugaan penyebab runtuhnya Jembatan Kacangan tersebut. Dugaan pertama yang diuji tim ahli dan Dinas PUPR adalah terjadinya penurunan pondasi atau tiang pancang secara tiba-tiba sedalam 4 meter karena daya dukung pondasi tiang pancang tidak mencukupi.

Dari dugaan pertama tersebut, tim ahli menemukan bahwa daya dukung pondasi itu masih aman. Karena itu, disimpulkan dugaan pertama tidak terbukti

Dugaan kedua, tiang pancang patah (buckling) secara tiba-tiba setelah terjadi penambahan panjang tekuknya akibat gerusan (scouring). Setelah dilakukan pengujian dugaan kedua tersebut juga tidak terbukti.

Dugaan ketiga, adanya gerusan di dasar sungai yang menyebabkan kuat geser tebing melemah. Akibatnya, terjadi longsor (rotasional sliding) pada sisi tebing sungai dan menghantam tiang pancang pilar hingga terjadi runtuh seketika(*/Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks