Sebabkan Jalan Rusak, Satlantas Polres Blora Bakal Tertibkan Kendaraan ODOL

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blora bersama Dinas Perhubungan saat ini tengah menggencarkan sosialisasi penertiban terhadap kendaraan ODOL (Over Dimension Over Loading).

Sosialisasi ini ditujukan kepada pemilik pengusaha angkutan, perusahaan, para sopir kendaraan berat seperti truck tangki, truck dump serta kendaraan angkutan ekspedisi yang melintas di wilayah Hukum Polres Blora.

Kasatlantas Polres Blora AKP Edi Sukamto mengatakan pelanggar muatan dan dimensi berlebih di jalan, berdampak terhadap rusaknya infrastruktur jalan dan jembatan serta bahaya akan kecelakaan lalu lintas. Sehingga perlu diberikan tindakan sesuai dengan aturan perundang – undangan yang ada.

“Bersama dengan Dinas Perhubungan Blora telah kita sosialisasikan penindakan ODOL harapannya para pemilik usaha angkutan ataupun perusahaan tidak melanggar ODOL,” kata AKP Edi, Rabu, (09/02).

Seperti yang dilakukan oleh petugas gabungan Satlantas dan Dinas Perhubungan Blora yang dipimpin oleh Kanit Kamsel Ipda Sigit Hari Wibowo, menyambangi beberapa perusahaan dan para sopir truk di kabupaten Blora.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan pasal 227 dan 307 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan.

Salah satu yang disambangi adalah perusahaan Angkutan Umum Logistik Dan Komoditas PT Angkasa Karya Sejahtera di wilayah desa Kamolan Blora.

Dalam kegiatan tersebut, petugas mengimbau kepada pelaku usaha dan para sopir untuk tidak melanggar ketentuan muatan, baik over dimensi dan over load agar tetap diperhatikan karena kecelakaan berawal dari pelanggaran.

Kasatlantas membeberkan bahwa berkaca pada kejadian di luar wilayah Blora, kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh kendaraan over dimension over loading (ODOL) ternyata cukup besar. Bahkan, diantaranya tabrakan beruntun yang dapat mengakibatkan banyak korban jiwa dan juga kerugian materiil tidak sedikit.

“Jangan sampai kejadian laka lantas fatal yang terjadi di luar Blora terjadi di wilayah kita. Untuk itu, mari kita antisipasi bersama dengan disiplin berlalu lintas,” bebernya.

Selain di PT Angkasa Karya Sejahtera Kamolan, petugas gabungan juga mendatangi pemilik kendaraan truk yang ada di wilayah kecamatan Blora.

Tidak hanya masalah ODOL, petugas juga mengajak para sopir untuk disiplin penerapan protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker pada saat di luar rumah, sebagai langkah dalam menanggulangi dan memutus rantai penyebaran COVID-19 apalagi saat ini ada virus varian baru yaitu Omicron.

Penulis : Arief
Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks