Tahun 2022, Pemkab Sidoarjo Bagi-Bagi 2.000 Beasiswa Kuliah

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo -Pemerintah Kabupaten Sidoarjo meluncurkan program beasiswa Sidoarjo Gemilang untuk 2.000 orang mahasiswa di Kabupaten Sidoarjo pada tahun ini. Beasiswa tersebut dibagi dalam beberapa jalur diantaranya jalur prestasi akademik, jalur prestasi olah raga, jalur prestasi bidang agama dan beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali, mengatakan pemberian beasiswa untuk mahasiswa ini diharapkan bisa menjadi pendorong semangat para mahasiswa untuk fokus menjalani studi tanpa harus dirisaukan masalah biaya.

“Program ini merupakan salah satu ikhtiar kami dalam membangun Sidoarjo untuk lebih maju, bukan hanya berfokus di pembangunan infrastruktur fisik namun juga tidak kalah pentingnya adalah berinvestasi pada SDM berkualitas salah satunya melalui beasiswa kuliah di perguruan tinggi. Dan saya pribadi berharap tidak ada lagi mahasiswa di Sidoarjo yang putus kuliah karena kesulitan biaya,” kata Bupati Muhdlor, Senin (7/2).

Bupati muda ini menambahkan, beasiswa ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa yang ber-KTP Sidoarjo baik jenjang sarjana S1, magister atau S2 maupun untuk program doktoral atau S3.

Sedangkan pembagian kuota untuk program ini adalah 650 beasiswa untuk jalur prestasi akademik, 350 beasiswa untuk jalur prestasi olah raga, 500 beasiswa untuk jalur bidang agama dan 500 beasiswa untuk mahasiswa kurang mampu.

Jalur prestasi akademik dikhususkan bagi mahasiswa yang pernah menjuarai berbagai lomba yang bersifat akademik. Untuk jalur prestasi olah raga bisa diajukan bila mahasiswa pernah berprestasi meraih juara pada salah satu cabang olah raga.

“Prestasi di bidang akademik harus mendapat rekomendasi dari perguruan tinggi tempat mahasiswa itu kuliah. Dan untuk bidang olah raga dapat rekomendasi dari KONI Sidoarjo dan dari Pengurus Cabor yang terkait,” jelas Bupati Muhdlor.

Sementara untuk jalur beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi pada bidang agama, disalurkan tidak hanya untuk mahasiswa muslim. Namun mahasiswa dari semua agama bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi.

“Beasiswa bidang agama ini untuk semua agama. Kita fasilitasi semua. Kita tidak membedakan. Bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi juara di bidang agamanya silahkan mendaftar,” tutur Gus Muhdlor, sapaan akrab Bupati Muhdlor.

Prestasi bidang agama yang dipersyaratkan diantaranya, bagi agama Islam, mereka harus juara MTQ minimal tingkat Kabupaten. Lainnya, mereka hafal Alquran minimal 10 juz. Bagi non Islam, juga mempunyai prestasi bidang agamanya masing-masing.

Sedangkan untuk program beasiswa jalur kurang mampu tahun ini disyaratkan ber-KTP dan KK Sidoarjo dan menyertakan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Desa/Kelurahan masing-masing.

Mahasiswa Sidoarjo yang mempunyai peluang untuk mendapatkan Program Beasiswa ini bisa mendaftar secepatnya secara online melalui tautan http://s.id/BeasiswaSidoarjo22.

“Program beasiswa berprestasi ini bagian dari bentuk apresiasi pemerintah kepada para mahasiswa yang telah membawa nama harum Sidoarjo. Selain itu, dengan adanya beasiswa ini diharapkan akan lebih banyak lagi mahasiswa Sidoarjo yang berprestasi ditingkat Nasional dan Internasional,” ujar Bupati Muhdlor. (HERI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks