6+ Faktor yang Dicari Masyarakat Saat Akan Membeli Rumah di Masa Pandemi Covid 19

Faktor yang dicari saat akan membeli rumah
Faktor yang dicari saat akan membeli rumah

AnalisaPublik: Faktor yang Dicari Masyarakat Saat Akan Membeli Rumah di Masa Pandemi Covid, jika sebelum pandemi, pola pikir masyarakat mengenai pembelian rumah lebih diprioritaskan mengenai lokasi rumah yang notabene dekat dengan lokasi bekerja.

Maka saat pandemi ini, pola pikir seperti itu, lambat laun menjadi berubah. Meskipun demikian, ada sedikitnya 6 faktor yang dicari saat membeli rumah di masa pandemi Covid 19 ini.

Dimana ke-6 faktor tersebut secara tidak langsung juga bisa mempengaruhi pasar real estate di masa pandemi ini. Apakah hal tersebut akan membuat pasar real estate tersebut menjadi lebih berkembang? Ataukah sebaliknya, justru akan membuat pasar real estate di masa pandemi ini akan menjadi terpuruk? Anda bisa mengetahuinya setelah menyimak pembahasan berikut ini.

6 Faktor yang Dicari Saat Akan Membeli Rumah di Masa Pandemi, dan Kaitannya dengan Pasar Real Estate

Saat pandemi, khususnya saat kebijakan work from home diterapkan. Kiranya faktor yang dicari saat akan membeli rumah menjadi sedikit berbeda. Dimana saat sebelum pandemi, lokasi menjadi hal yang paling diprioritaskan dalam membeli rumah.

Termasuk diantaranya rumah yang paling dekat dengan lokasi tempat kerja menjadi salah satu faktor yang banyak dicari oleh hampir sebagian masyarakat kala itu. Namun seiring dengan kebijakan work from home ini, pola pikir seperti itu lambat laun menjadi berubah.

Karena dengan kebijakan ini, Anda masih bisa bekerja dari rumah, dan tidak diharuskan untuk pergi ke kantor. Sehingga, dimanapun lokasi dari rumah yang akan dibeli, hal tersebut menjadi tidak begitu diprioritaskan lagi.

Pertanyaannya kini adalah, jika lokasi bukanlah faktor utama dalam membeli rumah saat pandemi, lalu faktor apa saja yang dicari masyarakat saat akan membeli rumah di masa pandemi ini? Setidaknya ada 6 faktor yang mempengaruhi pola pikir masyarakat saat akan membeli rumah di masa Covid 19 ini. Diantaranya adalah:

1.Harga Rumah Sesuai dengan Budget yang Dimiliki

Faktor pertama yang dicari masyarakat saat akan membeli rumah di masa pandemi ini tentunya harga dari rumah tersebut. Dimana rumah yang dibanderol dengan harga yang sesuai dengan budget sering menjadi pilihan masyarakat.

Khususnya di masa pandemi ini, dimana ketidakpastian dalam hal penghasilan, sering dijadikan alasan untuk membeli rumah dengan harga yang tidak melampaui budget yang dimiliki.

Untuk itulah agar keuangan Anda tetap terjaga dengan aman saat ingin membeli rumah baru. Sebaiknya Anda menggunakan tools online berupa kalkulator hipotek untuk memeriksa keuangan Anda saat ini agar tidak melampaui batas saat membeli rumah nantinya.

2. Lokasi Rumah yang Bisa  Dijangkau Jaringan Internet

Meskipun lokasi dari rumah yang akan dibeli tidak menjadi prioritas utama bagi masyarakat selama pandemi ini. Namun tetap saja, dengan adanya kebijakan work from home ini, mau tak mau, membuat sebagian masyarakat merasa perlu untuk mencari rumah yang berada di area yang dilalui jaringan internet.

Karena tak bisa dipungkiri, meskipun pada masa ini, hampir semua kawasan telah dilalui jaringan internet. Namun tetap saja, masih ada beberapa kawasan yang belum bisa dijangkau oleh jaringan internet ini. Sehingga tentunya, rumah yang berada di lokasi seperti itu tidak bisa dijadikan pilihan.

3. Pemberian Kredit yang Tidak Memberatkan

Bagi yang ingin membeli rumah secara kredit, tentunya faktor pemberian kredit ini menjadi salah satu faktor yang dicari saat akan membeli rumah di masa pandemi ini.

Dimana pemberian kredit yang dipilih adalah beberapa kredit dengan besaran angsuran yang tidak memberatkan. Dalam arti, angsuran yang harus dibayarkan dalam setiap bulannya, sesuai dengan kemampuan finansial masyarakat.

4. Fungsionalitas

Faktor yang dicari masyarakat selanjutnya dalam mencari dan membeli rumah saat pandemi Covid 19 ini yaitu rumah yang sesuai dengan fungsionalitas yang dibutuhkan saat ini. Misalnya, jika Anda hanya memiliki anggota keluarga sekitar 3-4 orang, maka pemilihan rumah yang tidak terlalu besar bisa menjadi pilihan.

Begitu juga jika anggota keluarga yang dimiliki lebih dari 5 orang, maka Anda tidak perlu memaksakan untuk membeli rumah yang memiliki 2 kamar saja misalnya.

Meskipun harga dari rumah dengan fasilitas 2 kamar tersebut bisa dikatakan lebih murah dari rumah yang memiliki 3-4 kamar.

Namun jika ternyata, rumah tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan (fungsionalitas) Anda dan anggota keluarga yang lain, dalam mencari rumah yang sesuai untuk keluarga besar tersebut. Maka hal tersebut sebaiknya dihindari.

5. Kepastian Serah Terima Rumah yang Sesuai dengan Target

Pada umumnya, ada beberapa real estate yang tersedia dalam bentuk rumah contoh saja. Sehingga jika ada masyarakat yang membutuhkan dan berniat untuk membeli rumah di perusahaan properti tersebut, maka masyarakat harus menunggu waktu indent terlebih dahulu.

Namun adakalanya, ketidakpastian mengenai lamanya proses pembangunan rumah indent, sekaligus proses serah terima rumah ini, yang akhirnya membuat masyarakat harus berpikir terlebih dahulu untuk membeli rumah.

Khususnya di masa pandemi ini.  Dengan demikian, faktor kepastian mengenai serah terima rumah yang sesuai target, menjadi faktor penting yang banyak dicari masyarakat saat akan membeli rumah di masa pandemi ini.

6. Rumah Layak Huni dan Tidak Membutuhkan Renovasi

Faktor yang dicari saat akan membeli rumah di masa pandemi ini tentunya yaitu sebuah rumah yang layak huni. Dalam arti, rumah yang akan dibeli tersebut tidak membutuhkan renovasi kembali.

Karena apa artinya, harga yang murah, jika ternyata, rumah yang dibeli tersebut memerlukan renovasi kembali, bukan? Dimana biaya renovasi tersebut mungkin saja akan melebihi harga dari rumah tersebut misalnya. 

Ke-6 faktor yang dicari saat akan membeli rumah di masa pandemi Covid 19 diatas, secara langsung juga mempengaruhi perkembangan dari pasar real estate itu sendiri. Dimana jika faktor-faktor tersebut bisa dipenuhi oleh para developer.

Maka bukan tak mungkin, pasar real estate akan mulai mengalami perkembangan yang signifikan. Meskipun mungkin, wabah pandemi Covid 19 masih belum berakhir hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks