Bukan Meledak, Sumur Bor PLTP di Dieng Alami Kebocoran

ANALISAPUBLIK.COM | Banjarnegara – Jenderal Manager Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) PT. Bumi Geo Dipa, Budi Santoso menjelaskan bahwa sebelumnya ada pembersihan sumur yang dimulai dengan setting meeting dan dijelaskan SOP serta bahaya pekerjaan.

“Selesai meeting dilakukan tes dan tidak ada kendala lalu dimulai pekerjaan pembersihan. Setelah 20 menit, ada perkiraan keluarnya gas,” terang Budi saat konferensi pers didampingi Kapolres Banjarnegara.

Karyawan di situ, lanjutnya, berusaha menormalkan dan akhirnya terdampak atau terpapar gas.

“Belum diketahui kenapa penyebab Relief Valve bisa terbuka dan menyebabkan kebocoran,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk menghindari adanya simpang siur pemberitaan yang menimbulkan kekhawatiran masyarakat, Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto, mengungkap tidak ada ledakan seperti yang diberitakan sebelumnya.

“Saat ini saya sudah berapa di lokasi PT Bumi Geo Dipa, tepatnya di lokasi terjadinya kebocoran dan sudah melakukan pengecekan. Sekali lagi, tidak ada yang namanya ledakan yang terjadi adalah Relief Valve-nya ini terbuka sehingga terjadi kebocoran,” katanya.

Saat ini, semua korban dilarikan ke rumah sakit. Terdapat 1 orang meninggal dunia akibat kejadian itu. Pihak kepolisian pun sudah melokalisir lokasi kejadian.

“Kita evakuasi para korban baik korban meninggal dunia maupun korban dirawat. Setelah steril kita lakukan pengamanan terhadap lokasi yang terjadi kebocoran. Saat ini masih bisa kita kendalikan, masyarakat jangan panik bahwa tidak ada ledakan dan saat ini kondisinya masih aman,” jelas Kapolres.

Kapolres juga menghimbau agar masyarakat tak panik dan tak termakan berita hoax.

“Yang namanya api dan gas itu tidak ada, masyarakat jangan termakan hoax bahwa gas sudah memasuki pemukiman itu tidak ada,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan sumur bor PLTP PT Bumi Geo Dipa di wilayah Dieng, Banjarnegara meledak pada Sabtu (12/03/2022) sore. Akibatnya, sejumlah orang dilarikan ke rumah sakit dan satu orang meninggal dunia.

Penulis : Agus
Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks