Bupati Tulungagung Berangkatkan Diklat BPD di Balai Besar Pemdes Malang

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung – Bertempat di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Bupati Tulungagung Drs, Maryoto Birowo,M.M berangkatkan Badan Musyawarah Desa ( BPD ) untuk mengikuti Pelatihan Pendidikan ( Diklat ) ke Balai Besar Pemerintah Desa Malang Jawa Timur, Selasa (15/3/2022).

Bupati Maryoto mengatakan Pelaksanaan Diklat BPD merupakan hal penting, sebagai pelaksana unsur di Pemerintah Desa, untuk mendampingi Kepala Desa dalam menjalankan roda pembangunan di wilayah setempat berdasarkan Permendagri Nomor 110 Tahun 2016, BPD mempunyai fungsi membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa. Selain itu menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan Pengawasan kinerja Kepala Desa.

“Kegiatan Diklat BPD ini sebagai upaya meningkatkan kinerja BPD yang memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan dan penyelanggaraan Pemerintahan dan pembangunan Desa “ungkapnya.

Bupati Maryoto juga menjelaskan dengan adanya ini para anggota BPD bisa meningkatkan kompetisinya sehingga diharapkan mampu dalam pengawasan kinerja Kepala Desa.
Pihaknya menyadari selama ini Anggota BPD di Kabupaten Tulungagung masih berasal dari para tokoh masyarakat desa setempat, mereka masih mewakili tokoh masyarakat desa yang ditunjuk oleh warga diharapkan mampu membawa aspirasi masyarakat tersebut di wilayah masing – masing”.Terangnya.

Adapun anggota BPD yang diberangkatkan hari ini berjumlah 30 orang selama 4 hari di Balai Besar Pemerintah Desa Malang. Dan Diklat BPD ini akan dilakukan secara bertahap sehingga semua anggota BPD dapat menambah ilmu dan wawasan dalam menentukan keberhasilan dan penyelenggaraan pemerintah desa dan pembangunan desa. Agar lebih mengetahui Tupoksi keberadaannya itu sendiri. Dengan demikian kedepannya tahu Fungsinya sesuai Aturan Ketentuan Hukum dan Perundang – undangan, sehingga diharapkan mampu dalam melakukan Pengawasan kinerja Kepala Desa.” Pungkasnya.

( Endi S )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks