Danrem 073/Makutarama Canangkan Desa Wates Kudus Sebagai Kampung Pancasila

ANALISAPUBLIK.COM | Kudus – Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo secara resmi canangkan Kampung Pancasila yang digelar di Desa Wates, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus. Selasa, (29/03).

Danrem beserta rombongan disambut hangat oleh Forkopimda Kabupaten Kudus. Acara dilanjutkan dengan menyaksikan penayangan Vidio profil Desa Wates, kemudian rombongan menuju lokasi pencanangan kampung pancasila.

Dalam kegiatan ini, Danrem mendapat penghargaan berupa pengalungan bunga dan diiringi dengan tarian Kretek.

Dalam sambutannya, Bupati Kudus HM. Hartopo mengucapkan selamat datang kepada Danrem 073/Makutarama beserta rombongan.

“Harapan kami, dengan pencanangan kampung pancasila di Desa Wates ini akan dapat menjadi contoh dan memotivasi daerah lain,” ucap Hartopo.

Dengan adanya Kampung Pancasila ini diharapkan dapat bermanfaat. Menurutnya, pancasila adalah sebagai pemersatu bangsa.

“Dengan keanekaragaman tapi kita bisa memaknai dari nilai-nilai pancasila dengan saling toleransi, gotong-royong, guyub dan rukun,” tandasnya.

Sedangkan Danrem menyampaikan, pencanangan Kampung Pancasila ini sangat penting untuk memutus penyebaran paham radikal. Pihaknya juga berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

“Semua Kodim nantinya akan mencanangkan kampung pancasila untuk dilaunching. Sehingga bulan Juni, setiap koramil sudah mempunyai kampung pancasila,” ucap Danrem.

Menurut Danrem, kegiatan ini bukan hanya seremonial, akan tetapi diharapkan dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

“Diharapkan dapat diimplementasikan sebagai nilai pancasila yang saat ini sudah memulai memudar karena arus modernisasi,” tutup Danrem.

Acara dilanjukan penyematan Pin kampung pancasila kepada seluruh kepala Desa se Kecamatan Undaan dan penandatanganan Prasasti serta pembukaan tirai lukisan mural kampung pancasila oleh Danrem 073/Makutaramadan didampingi unsur Forkopimda.

Hadir dalam kegiatan pencanangan kampung pancasila tersebut, Bupati Kabupaten Kudus, Ketua DPRD Kabupaten Kudus, Dandim 0722/Kudus, para Kasi Korem, tokoh agama serta tokoh Masyarakat.

Penulis : Pen
Published : Biro Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks