Kegiatan Puskesmas Karanggeneng,Poli Penyakit Tidak Menular

PJ masnif Effendi S.kep Ners,Dr nor yanto, beseta Tim melayani pasien di halaman Puskesmas

ANALISAPUBLIK.COM (Lamongan)Pusat Kesehatan Masyrakat (Puskesmas) Karanggeneng, Kecamatan Karanggeneng
memberikan pelayanan Poli PTM
kepada pasien untuk Konsultasi atau pemeriksaan fisik tentang penyakit tidak menular seperti Diabetes, Hiperetensi,kegiatan yang di lakukan dua minggu sekali untuk Masyarakat umum.

Kegiatan Poli PTM yang bertempat di halaman Parkir Puskesmas  itu akan terus diberikan dua minggu Sekali agar terbaik dan maskimal kepada masyrakat.Jum’at (25/03/2022).

Dr. Nur yanto dan PJ masnif Effendi S.kep Ners beserta para bidan puskesmas karanggeneng nampak sibuk dalam pelayanan,disisi lain Anggota tim poli PTM Puskesmas Im. Poli PTM poli mengatakan ” Poli PTM adalah penyakit tidak menular, yang meliputi semua penyakit yang tidak menular, dan kegiatan Poli PTM dikhususkan untuk pasien diabetes millitus dan hipertensi, kegiatan ini untuk mengkontrol pasien DM sama hipertensi agar tidak sampai jadi lebih berat, kegiatannya meliputi penyuluhan, pemeriksaan kadar gula darah,dan pemberian obat”.terang Im.

Menurut Petugas Tim Poli PTM, penyakit tidak menular merupakan kematian terbanyak di Indonesia, karena faktor perilaku gaya hidup 80% baik individu maupun masyarakat. sementara faktor usia dan keturunan masing masing hanya 10%. Umumnya penyakit ini diketahui setelah stadium lanjut saat kita terserang penyakit tersebut.

Untuk pencegahan penyakit tersebut adalah dengan memeriksakan diri secara rutin ke puskesmas terdekat, ada maupun tidak ada keluhan harus rutin memeriksakan kesehatan seperti timbang berat badan untuk memonitor obesitas, ukur tekanan darah untuk monitor hipertensi, lakukan iva untuk deteksi dini kanker rahim, lakukan sadari untuk deteksi kanker payudara, “ujarnya.

Untuk Pencegahannya harus batasi kelebihan penggunaan garam, lemak, gula dalam makanan, modifikasi gaya hidup sehat meningkatkan kualitas asupan kalsium, serat, magnesium dinamakan pola diet sehat atau dash dietary approaches to stop hypertension. “Jangan mengkonsumsi makanan instan dan siap saji yang mengandung garam, gula, lemak jenuh yang sangat membahayakan tubuh, Tidak merokok karena dapat mengakibatkan kanker paru, “sarannya.

Untuk itu semua warga kecamatan Karanggeneng dihimbau agar jangan sungkan ke puskesmas untuk memeriksakan kesehatan sejak dini dan jagalah sehat sebelum sakit, jagalah masa muda sebelum memasuki masa tua.” Ujarnya.

Edit  : Nur S
Publisher Biro pantura Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks