Kerjasama Pengembangan Potensi Peternakan di Blora Dimatangkan

ANALISAPUBLIK.COM | Yogyakarta – Mewakili Bupati Arief Rohman, Wakil Bupati, Tri Yuli Setyowati, mengikuti rapat koordinasi (rakor) dengan PT. Andini Blora Gama Sejahtera (ABGS), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, di Wisma MM UGM Yogyakarta, Minggu (06/03/2022).

Rapat tersebut diikuti juga oleh Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanam (DP4) Blora, serta dari UGM hadir Wakil Rektor Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr.

Kemudian, dari PT ABGS yakni Direktur Utama Ir. Teguh Budi Pramono, MBA, beserta jajaran direktur lainnya, Advicer PT ABGS Prof Ali Agus, dan Prof Imam Mustofa, serta Komisaris PT ABGS, Ernie Februaria.

Dirut PT ABGS, Teguh Budi Pramono, mengungkapkan bahwa PT. ABGS terdiri dari gabungan Diaspora Blora yang ingin berkontribusi untuk Blora kedepannya agar lebih maju.

“Kami punya kepedulian untuk Blora, karena sudah kami dengar dan rasakan masalah-masalah yang ada di Blora, yang terjadi masalah utamanya adalah kemiskinan,” ucap Ir. Teguh dalam sambutan pembukaannya.

“Atas dasar itu setelah kita bicara dengan Pak Bupati, dari berbagai potensi sumber daya yang ada di Blora yang bisa kita kerjakan di tahap awal adalah peternakan,” tambahnya.

Disampaikannya, potensi peternakan yang ada di Blora ini sangatlah besar dan jika digarap dengan optimal dapat mendorong upaya pengentasan kemiskinan di Blora.

“Karena sampai saat ini peternakan itu Blora itu memiliki 260 ribu ekor sapi dan ini terbesar di Jawa Tengah,” pungkasnya.

Senada dengan hal tersebut, Wakil Rektor UGM Prof. Djagal Wiseso Marseno, menyampaikan bahwa UGM siap untuk mendukung pengembangan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Blora, khususnya sektor peternakan.

“Dari sisi keilmuan, dari sisi regulasi, dari sisi capital itu dikonvergensikan, membangun Blora melalui bidang ternak, dengan konvergensi ini saya rasa ternak ini suatu saat nanti menjadi core industri berbasis ternak, dari ternak itu bisa ada pabrik sosis, yoghurt dan sebagainya.” terangnya.

Prof Djagal juga menyampaikan bahwa nantinya kegiatan ini perlu untuk dilakukan secara berkelanjutan agar berbagai persoalan seperti halnya kemiskinan bisa teratasi, dan kesejahteraan masyarakat bisa meningkat.

“Sustainability proyek ini penting, kegiatan ini harus terus dijaga, sehingga roadmap kedepan bagaimana ABGS bisa mensejahterakan Blora, mengubah kemiskinan Blora menjadi daerah yang makmur,” tambahnya.

Lanjutnya, UGM siap untuk menerjunkan sumber daya manusia yang dimilikinya ke Blora untuk membantu Pemkab Blora menyelesaikan permasalahan yang ada.

“UGM akan mendukung nanti menerjunkan sdm, dalam hal ini dosen kemudian juga mahasiswa yang bisa diberdayakan untuk terjun di Blora, KKN nya juga akan multiyears,” ungkapnya.

Wakil Bupati Blora mengapresiasi dukungan dan kerjasama dari UGM dan PT ABGS yang telah bersama-sama sesarengan ingin memajukan Kabupaten Blora.

“Mewakili Bpk Bupati kami mengucapkan banyak terimakasih, bagaimana para diaspora yang dari Blora ini bisa berbuat sesuatu, karena memang masalah yang ada di Blora ini tadi sudah disampaikan terkait angka kemiskinan kami yang naik, tingkat pengangguran kami dan berbagai masalah sosial ekonomi lainnya,” imbuhnya.

Wabup berharap dengan kerjasama ini nantinya dapat mensejahterakan dan memberikan manfaat bagi masyarakat Blora, selain itu potensi peternakan yang ada di Blora ini bisa dikelola secara optimal.

“Alhamdulilah, melalui Dinas Peternakan bersama dengan PT ABGS dan UGM, kami mewakili Pemkab Blora siap mendukung, yang nantinya bermanfaat untuk kepentingan masyarakat kami, kami siap,” terangnya

Disampaikan Wabup, pembangunan ekonomi di Kabupaten Blora menjadi perhatian Pemkab, termasuk membangun dari daerah-daerah terluar yang ada di Blora.

“Mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat kami di wilayah selatan, saya dengan Pak Arief bertekad untuk ekonomi yang terbangun, kita membangun dari pinggiran dulu dari pinggir kita sisir kita selesaikan masalahnya,” tambahnya

Usai acara pembukaan tersebut, Wabup bersama dengan PT ABGS dan UGM rencananya akan melangsungkan beberapa rapat koordinasi berkaitan dengan kerjasama dalam memajukan sektor peternakan di Blora. Kemudian akan dilanjutkan dengan penandatanganan KSO, yang akan dilakukan di Balairung UGM esok Senin (7/3).

Penulis : Arf
Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks