Kunjungi Salatiga, Wakasal Akan Kembangkan Rumah Komodor Yos Sudarso Sebagai Tempat Wisata

ANALISAPUBLIK.COM | Salatiga – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono melaksanakan kunjungan kerja ke Salatiga, Jawa Tengah.

Dalam kunjungannya ini, ia didampingi LO AL Kodam IV/Diponegoro Kolonel Marinir Haryono Masturi Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, Kepala Dinas Pariwisata Kota Salatiga Valentino Haribowo, Kodim 0714/Salatiga, serta Korem 073/Makutarama ke rumah Laksamana Madya (Anumerta) Komodor Yos Soedarso di Gladakan RT 01 RW 05, Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Minggu (27/03).

Pada kesempatan itu, Wakasal memberikan bantuan kepada para pensiunan TNI AL.

Usai mengunjungi rumah Komodor Yos Soedarso, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, melanjutkan ke TWSS (Taman Wisata Sejarah Salatiga) di Nogosaren Bugel, Salatiga.

Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengatakan, pihaknya akan kembangkan kedua tempat tersebut menjadi tempat wisata edukasi.

“Laksamana Madya (Anumerta) Komodor Yos Soedarso adalah satu-satunya pahlawan laut yang sangat dikenal di Indonesia. Makanya, kita bersama ketua DPRD dan pejabat kota Salatiga akan bekerja sama untuk membatu dan menambah eks alutsista yaitu tank Howitser dan bekas pesawat untuk ditaruh di tempat ini,” katanya.

Pihaknya juga mendukung rencana rumah Komodor Yos Sudarso untuk dijadikan sebagai museum sejarah.

“Untuk rumah Komodor Yos Soedarso nantinya akan kita komunikasikan kepada putra-putrinya atau ahli waris. Kemudian terkait dijadikannya museum sejarah dengan harapan bisa menumbuhkan nasionalismenya pemuda di Kota Salatiga,” ungkapnya.

Wakasal yang merupakan pria asli dari kota Salatiga ini mengaku baru kali ini melihat TWSS. Ia berharap, dengan adanya tempat wisata sejarah ini nantinya juga bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Salatiga.

“Nanti kita akan panggil teman-teman yang ada di Jakarta, untuk bisa investasi ataupun untuk sharing atau bertukar pengalaman. Sehingga tempat ini bisa menjadi spot yang menarik,” tandasnya.

Sementara itu Ketua DPRD kota Salatiga, Dance Ishak Palit mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung dengan akan dikembangkannya museum di kediaman Yos Sudarso dan TWSS.

“Kalau itu memang bagian wisata sejarah tentunya kami sangat mendukung,” ungkapnya.

Dance menambahkan, akan segera buat masterplan kalau memang itu akan menjadi salah satu bagian wisata sejarah.

“Ya memang segera harus buat masterplan, kira-kira konsepnya seperti apa, termasuk daya dukung lingkungan. Tentunya saya merespon positif serta mengusulkan dan pak Wakasal oke,” kata Dance.

Sebelumnya, Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mengunjungi Walikota Salatiga Yulianto di rumah dinasnya, Jl. Diponegoro Kota Salatiga.

Penulis : Pen
Published : Biro Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks