Musdes LPJ BUMDes Barokah, Kasi Pembangunan Kecamatan Randublatung ‘Ngomel’

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, Siti Khasanah ngomel saat memberikan sambutan pada acara musyawarah desa (musdes) di Balai Desa Kediren.

Musdes itu membahas tentang laporan pertanggungjawaban BUMDes Barokah tahun 2021 yang dihadiri BPD Desa Kediren, pegawai Kecamatan Randublatung serta perangkat desa setempat, Rabu (23/03).

Siti Khasanah ngomel kepada para perangkat desa Kediren lantaran pelaksanaan kegiatan molor dan tidak dihadiri Kepala Desa.

“Kami dari kecamatan ini diundang, jadi yang punya acara (pemerintah_red) desa. Yang punya rumah (Kepala Desa_red) kok malah gak ada. Silahkan kalau memang tidak membutuhkan (pegawai_red) kecamatan,” ucapnya mewakili Camat Randublatung.

Meski demikian, dirinya meminta pelaksanaan musdes ini tetap berjalan.

“Saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati panjenengan. Semoga kegiatan ini berjalan lancar,” tandasnya.

Sedang Hermanto, selaku Ketua BPD Desa Kediren menyayangkan sikap pegawai BUMDes Barokah lantaran dirinya belum menerima berkas laporan pertanggungjawaban.

“Saya sebagai pengawas desa baru tahu ada usaha yang dijalankan BUMDes. Malah orang lain tahu duluan,” kata Hermanto.

Di tengah sambutannya, salah seorang panitia memberikan berkas laporan pertanggungjawaban kepadanya, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Kita harus lebih berhati-hati lagi, karena zamannya sudah era transparan. BUMDes itu sama halnya perusahaan milik desa, bukan seperti mengelola karang taruna,” tambah Hermanto.

Pihaknya pun siap memfasilitasi para pengurus BUMDes untuk menimba ilmu ke Yogyakarta terutama pengembangan peternakan kambing atau sapi.

“Kalau ada yang mau, saya siap memfasilitasi satu orang menimba ilmu peternakan ke Yogyakarta. Tapi ini tidak digaji lho, soalnya sedang belajar. Saya mohon hewan ternaknya dijadikan satu lokasi, bukan di rumah perorangan agar pencatatannya lebih baik. Bayar karyawan untuk memeliharanya,” ujarnya.

Perlu diketahui, BUMDes Barokah yang diketuai Donik Harianto baru berjalan 2 tahun ini memiliki dua unit usaha, peternakan sapi dan unit usaha LPG dengan sisa kas sebesar Rp 3.479.000.

Penulis : Arf
Published : Biro Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks