Percepatan Vaksinasi, Polres Banjarnegara Gelar Program Keroyok Vaksin

ANALISAPUBLIK.COM | Banjarnegara – Polres Banjarnegara mulai melakukan vaksinasi dengan program Keroyok Vaksin. Hal ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Banjarnegara.

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto mengatakan, program keroyok vaksin yaitu sistem vaksinasi dengan menggerakkan seluruh anggotanya untuk memobilisasi masyarakat yang belum vaksin, baik dosis satu, dua maupun tiga.

“Mobilisasi ini dilakukan dengan menggunakan mobil dinas maupun pribadi untuk menjemput warga yang akan mengikuti vaksinasi,” ucap Kapolres di Kantor Kelurahan Semarang Kecamatan/Kabupaten Banjarnegara, Kamis (24/03).

Hari pertama program keroyok vaksinasi ini dilakukan di Wilayah Kecamatan Banjarnegara yang terdiri dari 13 Desa dan Kelurahan.

“Tiap-tiap Desa diplotingkan rata-rata 10 personel untuk memobilisasi warga ke titik vaksinasi yaitu di Kantor Kelurahan Semarang dan Balai Desa Cendana,” tambah Kapolres.

Kapolres menuturkan, jika hari ini jumlah yang dimobilisasi cukup banyak sampai stok vaksin di titik Kelurahan Banjarnegara kekurangan stok, sehingga harus mengambil lagi ke gudang farmasi Dinkes Kabupaten Banjarnegara.

“Adanya terobosan ini cukup menambah pergerakan masyarakat yang akan divaksin. Di Puskesmas setiap hari biasanya yang melakukan vaksinasi hanya 70 sampai 100 orang. Namun, dengan adanya keroyok vaksin ini bisa lebih banyak,” ujarnya.

Adapun petugas vaksinasi di lapangan terdiri dari Nakes Puskesmas setempat, sedangkan input data dibantu anggota Polres Banjarnegara.

Menurutnya, program ini akan dilanjutkan ke Kecamatan lain di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

“Bagi masyarakat yang belum vaksin segara lakukan vaksinasi sehingga akan membentuk herd immunity,” pungkasnya.

Penulis : Agus
Published : Biro Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks