Sidak Jalan Rusak, Pemda Anggarkan 100 Milyar Untuk Perbaikan

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung – Bupati tulungagung Drs, Maryoto Birowo, M.M di dampingi Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tulungagung Robinson P Madeak, SH.,MH, Kepala Dinas Perumahaan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Tulungagung Anang Prastistianto,ST.,M.Si serta Perangkat Daerah terkait meninjau langsung lokasi jalan rusak di Beberapa tempat di wilayah Tulungagung, Selasa ( 15/03/2022).

Adapun ruas jalan yang rusak ada sekitar 18 titik yang tersebar di Beberapa Kecamatan di Kabupaten Tulungagung, yang di tinjau.yakni (1) Ruas jalan Panjer Kecamatan Rejotangan. (2) Ruas jalan desa Balesono Kecamatan Ngunut. (3) Ruas jalan Desa Junjung Kecamatan Sumbergempol.

Menurut Bupati Maryoto, penyebab utama ruas jalan cepat rusak diantaranya, intensitas hujan yang cukup tinggi, akibat dari angkutan muatan besar yang sering melewati jalan tersebut, bahkan bisa dikatakan melebihi muatan standar atau Over tonase, dan Sistem drainase yang tidak berfungsi atau tidak memiliki drainase yang memadai, sehingga menyebabkan genangan air di jalan tersebut dan mengakibatkan pengelupasan aspal.

“Bupati Tulungagung juga menegaskan bahwa target dalam perbaikan Infrastruktur ruas jalan yang mengalami kerusakan, sebelum Lebaran diharapkan harus sudah rampung. Namun kita menyadari Beberapa kendala pada saat melakukan pemeliharaan maupun perbaikan ruas jalan yang rusak disebabkan faktor cuaca, yang saat ini sering intensitas hujan yang cukup tinggi.sehingga terjadi genangan air dipermukaan jalan yang mengakibatkan jalan cepat rusak kembali.” Terangnya.

Sementara Plt Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung Robinson, mengatakan dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Tulungagung, pihaknya sudah mengusulkan Beberapa ruas jalan cepat diperbaiki, dari 1.024 ruas jalan Daerah Kabupaten Tulungagung 30% yang rusak. Diantaranya Kecamatan Rejotangan, Sumbergempol, Ngunut, Boyolangu, Campurdarat, Kalidawir, Tanggunggunung, Pucanglaban dan Sendang.dan
Untuk jalan yang jadi kewenangan pihak Provinsi sama pusat, sudah kami usulkan yang sumber anggarannya dari Alokasi khusus (DAK ) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) senilai 100 milyar.” Ungkap Robinson.
( Endi S )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks