Gebyar Pameran UMKM Selama Ramadhan di Blora

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blora menggelar Gebyar Pameran UKM dan Talk Show selama Satu bulan penuh di Alun-alun Blora. Yaitu bertepatan dengan Bulan Ramadhan 1443 H. Kegiatan ini untuk membangkitkan kembali perekonomian sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) pasca dua tahun pandemi.

Pembukaan dilaksanakan dengan pemukulan kentongan dan pelepasan Balon Hijau dan Merah ke udara. Ada 60 tenda yang difasilitasi untuk pedagang UKM secara gratis. Ada yang jualan makanan takjil, makanan ringan, sayur untuk buka puasa, kue kering, buah-buahan, pakaian, hijab, camilan khas Blora dan lainnya.

Nantinya, para pedagang akan berjualan setiap hari mulai 15.30 sampai dagangannya habis. Harapannya ekonomi mereka tumbuh, dan nanti bisa dibeli para pemudik menjelang lebaran.

Gebyar Pameran UKM dan Talk Show ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Blora. Bertepatan dengan bulan Ramadhan.

“Kami ingin memanfaatkan momentum Ramadhan ini untuk mencari keberkahan bagi saudara-saudara pelaku UKM di Blora yang terdampak pandemi. Sudah Dua Tahun kita menghadapi pandemi. Kini saatnya kita bangkitkan ekonomi UKM dengan menggelar pameran. Apalagi Pak Presiden telah memperbolehkan kegiatan terbuka. Tentunya tetap dengan prokes dan capaian vaksinasi yang cukup,” ucap Ketua Dekranasda Blora, Ainia Salichah Arief Rohman.

Pihaknya juga mengucapkan terimakasih atas dukungan seluruh pihak yang ikut mensukseskan acara ini. Sehingga acara yang baru pertama kali digelar ini bisa terlaksana dan diminati masyarakat.

Sementara itu, Bupati Blora Arief Rohman mengaku senang dan sangat mengapresiasi terobosan Dekranasda. Kegiatan ini dalam rangka mendukung kebangkitan ekonomi sektor UKM di Kabupaten Blora dengan menggelar pameran selama Ramadhan.

“Ini bagus, tadi saya keliling yang beli juga banyak. Ramai sekali. Sampai arus kendaraan mulai tersendat. Semoga laris semuanya. Laris manis tanjung kimpul, barangnya habis uangnya kumpul. Ayo bela dan beli produk UKM Blora,” tegas Bupati, Minggu (03/04) kemarin.

Sementara itu, Retno, salah satu warga yang ikut jualan camilan kue kering merasa senang bisa ikut berjualan di stand pameran UKM yang ada di Alun-alun.

“Alhamdulillah, maturnuwun Pak Bupati, Bu Wakil Bupati dan Dekranasda yang telah menggelar pameran atau pasar UKM selama Ramadhan ini. Kami merasa sangat terbantu, semoga hingga lebaran nanti selalu ramai pembeli,” ungkapnya.

Usai dibuka langsung oleh Bupati Blora Arief Rohman, didampingi Ketua Dekranasda Blora, Ainia Salichah Arief Rohman, dan Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati beserta suami, Yusuf Ismail, rombongan menyempatkan keliling ke tenda-tenda UKM. Mulai Jalan Alun-alun Utara kearah timur hingga Alun-alun Selatan. Arus lalu-lintas padat merayap karena banyak masyarakat yang ikut berhenti berbelanja.

Penulis : Jml
Published : Biro Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks