Kasdam IV/Diponegoro Dampingi Asops Panglima TNI Riksiapops Yonif 405/SK

ANALISAPUBLIK.COM | Banyumas – Asisten Operasi (Asops) Panglima TNI Mayjen TNI Syafruddin, didampingi Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Parwito kunjungi Yonif 405/Surya Kusuma dalam rangka Riksiapops Satgas Operasi Pengamanan Wilayah Objek Vital Nasional PT. Freeport Indonesia TA. 2022.

Rombongan ini disambut oleh Letkol Inf Teguh Eko Effendi selaku Danyonif 405/SK beserta seluruh prajurit di Makoyon 405/SK, Wangon. Selasa (17/05/2022).

Pada kesempatan tersebut, Danyonif sekaligus Dansatgas memaparkan tentang kesiapan personel dan materiil satuan dalam menghadapi tugas operasi selama sembilan bulan kedepan. Dilanjutkan dengan pemeriksaan serta pengarahan kepada para prajurit Satgas oleh Asops Panglima TNI.

Di awal pengarahannya, Asops Panglima TNI mengingatkan bahwa kunci keberhasilan tugas ialah loyalitas. Sebab, mengingat Papua merupakan wilayah yang memiliki banyak rintangan bagi satuan pengemban tugas operasi disana, baik dari mulai masalah sosial, medan yang sulit bahkan ancaman Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP). Maka untuk menggapai kesuksesan operasi, kekompakan harus dijunjung tinggi.

“Kalian harus loyal kepada Danpos dan apabila Danpos memberikan perintah yang salah, maka kalian harus ingatkan. Karena dengan berhasilnya tugas yang diemban, maka satuan ini dinyatakan berprestasi,” ujarnya.

Selain loyalitas, faktor pendukung utama yang mempengaruhi keberhasilan penugasan lainnya ialah kesehatan. Untuk itu, kepada seluruh prajurit ditekankan agar selalu menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kebersihan perorangan maupun pangkalan guna menghindari penyakit Malaria yang disebabkan oleh nyamuk, mengingat Papua merupakan penyumbang Malaria tertinggi di Indonesia.

Kemudian Asops Panglima TNI menggaris bawahi kepada seluruh prajurit agar mengerti dan paham apa tujuan utama maupun tugas pokok satuan Yonif 405/SK di dalam melaksanakan tugas Pengamanan Wilayah Objek Vital Nasional PT. Freeport Indonesia.

“Jangan mencari keuntungan sendiri dan harus tetap ingat kepada tugas pokok maupun misi yang diamanahkan negara kepada satuan Yonif 405/SK. Laksanakan patroli dengan sungguh sungguh dan pastikan masyarakat sekitar tambang maupun pekerja tambang aman,” tegasnya.

Setelah serangkaian kegiatan berakhir, kepada seluruh prajurit Satgas Operasi Pengamanan Wilayah Objek Vital Nasional PT. Freeport Indonesia, Asops Panglima TNI mengucapkan terimakasih atas semangat dan latihan-latihan yang telah dipersiapkan dengan matang dari awal hingga pelaksanaan Riksiapops tingkat Mabes TNI tersebut.

“Melihat semangatmu, saya nyatakan Batalyon Infanteri 405/SK siap melaksanakan penugasan Pengamanan Wilayah Objek Vital Nasional PT. Freeport Indonesia TA. 2022. Hindari pelanggaran dan selalu jaga nama baik satuanmu dimanapun berada,” tandasnya.

Selain Kasdam, acara tersebut juga dihadiri oleh Danrem 071/WK Kolonel Inf Yudha Airlangga, Asops Kasdam Kolonel Inf Horasman Pakpahan, para Kabalakdam, perwakilan Asisten, Wadanrindam IV/Diponegoro serta Danbrigif 4/DR Letkol Inf Gunnarto.

Penulis : Pen
Published : Biro Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks