Kendarai Motor Trail, Danrem 073/Mkt Tinjau Lokasi TMMD Reguler Ke-113 Kodim 0721/Blora

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi didampingi Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro meninjau lokasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-113 di Desa Pengkoljagong Kecamatan Jati.

Dalam peninjauan ini, Danrem mengendarai sepeda motor trail untuk menuju lokasi kegiatan pembangunan jalan yang menghubungkan antara Dusun Alas Malang dengan Desa Pengkoljagong.

““TMMD ini untuk mendukung pemerintah daerah dalam percepatan pembangunan khususnya di daerah terpencil dan menjalin tali silaturahmi serta meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat,” ucapnya, Rabu (11/05).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI bersama Rakyat serta memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah untuk mendukung suksesnya pembangunan nasional.

“Dengan kegiatan TMMD saling kerjasama secara langsung antara TNI dengan lintas sektoral dan elemen masyarakat sehingga terjalin ikatan kebersamaan dan kekuatan yang sulit dipisahkan oleh kekuatan apapun,” tambahnya.

Di tempat sama, Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro menyampaikan bahwa TMMD dalam perencanaannya mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat dari tingkat bawah dengan melibatkan unsur-unsur terkait.

“Sasaran-sasaran yang telah terpilih berdasarkan skala prioritas, diteliti, dan dipadukan dengan program pemerintah daerah, serta disahkan menjadi Program TMMD,” jelasnya.

Dandim menambahkan, kegiatan dengan tema TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI ini akan dilaksanakan hingga 9 Juni 2022 mendatang.

“Selama satu bulan ini kita akan melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik di Desa Pengkoljagong. Kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan hutan penghubung Alas Malang – Bulurejo, Desa Pengkoljagong. Berupa  jalan grosok sepanjang 1.100 meter, lebar 2,5 meter, kemudian jalan makadam 3.300 meter selebar 2,5 meter, jalan grosok/leveling sepanjang 3.400 meter, lebar 2,5 meter, dan talud badan jalan sepanjang 20 meter tinggi 3 meter untuk mencegah longsor,” jelasnya.

Sedangkan untuk sasaran kegiatan non fisik mencakup penyuluhan hukum perdata, penyuluhan wasbang dan PPBN, penyuluhan dikmas/laka, penyuluhan pendampingan industri rumah tangga, penyuluhan peningkatan hasil pertanian, penyuluhan administrasi kependudukan, penyuluhan lingkungan hidup, penyuluhan KB, penyuluhan perkawinan dan perceraian, penyuluhan pernikahan dini dan stunting hingga keterampilan.

Sebelumnya, dilakukan acara penandatanganan naskah pelaksanaan TMMD Reguler Ke-113 antara Bupati Blora Arief Rohman dan Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro yang disaksikan Danrem 073/Mkt Kolonel Inf Purnomosidi di ruang Setda Blora.

Penulis : Arf
Published : Biro Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks