Dekranasda Sidoarjo Ikut Serta Pameran Kriya, Optimis Bangkitkan UMKM Daerah

ANALISAPUBLIK.COM | Sidoarjo –Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sidoarjo berpartisipasi dalam Pameran Nasional Kriya Indonesia, yang diselenggarakan di Jogya City Mall, Yogyakarta, 9 – 12 Juni 2022.

Pada pameran yang diikuti dari berbagai kota dan kabupaten se Indonesia ini, Dekranasda Kabupaten Sidoarjo tampil bersama Dekranasda lainnya. Diantaranya Dekranasda Yogyakarta, Bantul, Sleman, Gunung Kidul, Jambi, dsb.
 
Dekranasda Kabupaten Sidoarjo mengirimkan tujuh peserta pengrajin IKM/UMKM binaannya. Masing – masing merupakan perwakilan dari tiga asosiasi yakni produk craft, aksesoris, dan kerajinan kulit.

Ketua Dekranasda Kab. Sidoarjo, Sa’adah Ahmad Muhlor (Ning Sasha sapaan akrabnya) mengungkapkan kegiatan ini akan mampu membangkitkan UMKM di Indonesia, khususnya para pengusaha di kota udang. Saya berterimakasih pada Dekranasda Yogyakarta sebagai tuan rumah acara, mengapresiasi kerajinan pengrajin Kab. Sidoarjo. Saya optimis jika produk–produk UMKM Sidoarjo mampu bersaing baik di skala lokal maupun internasional,’ ungkapnya.

“Tadi mendapat apresiasi dari Ketua Dekranasda Yogyakarta, juga Kabupaten Bantul dan Gunung kidul. Beliau sangat mengapreasiasi dan mengakui kreatifitas produk dari Sidoarjo,” terang istri Bupati Sidoarjo, Kamis (9/6/22).

Masih Ning Sasha, tak bisa dipungkiri jika pandemi yang telah melanda hampir dua tahun lebih ini, berdampak pada penrajin yang kesulitan untuk memasarkan produk kerajinannya sehingga tak sedikit yang menghentikan produksinya. Tentunya hal ini menyebabkan dampak ekonomi bagi para pengrajin UMKM.  Maka dari itu pameran tersebut diharapkan mampu membantu pemasaran produk pengrajin daerah yang terdampak pandemi Covid-19.
 
“Tujuan dari pameran ini adalah tak lain menambah wawasan yang luas lagi kepada pengrajin UMKM Sidoarjo dan juga perluasan pasar atau pembeli agar UMKM di Sidoarjo bisa lebih dikenal. “Jangan lupa beli dan bela produk lokal. UMKM Sidoarjo Jaya,” pintanya.

Rini, Koordinator UMKM Sidoarjo yang juga dari Disperindag Kab.Sidoarjo, menjelaskan jika para penrajin binaan Dekranasda Sidoarjo sangat antusias mengikuti acara ini.

“Antusias sekali. Dari kulit diwakili Bu Cici itu produknya tas dompet pouch. Nah kalau aksesoris diwakili dari Dian Art dan Queen Art. Sementara yang craft ada empat IKM yang berangkat. Contoh tas rajut, hiasan dinding, bordir juga ada. UMKM/ IKM di Sidoarjo semakin berkembang, bahkan tak sedikit telah melakukan ekspor ke luar negeri,’ jelasnya

“Kalau untuk IKM Sidoarjo, Alhamdulillah sudah ada beberapa yang ekspor. Pemulihan ekonomi di Sidoarjo sudah mulai bangkit. Harapannya acara ini bisa membangkitkan kembali Industri Kecil Menengah setelah Covid-19,” tegasnya.

“Pameran ini menjadi kampanye bagi para pelaku IKM akan kualitas produk mereka, serta mereka bisa bertukar informasi antar pelaku usaha,” ucapnya.

Diketahui pameran nasional ini menampilkan lima produk kerajinan. Diantaranya kategori kriya batik, kriya logam, kriya kayu, kriya kulit, dan kriya keramik. (HERI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks