Kasad Resmikan Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman di Kabupaten Cilacap

ANALISAPUBLIK.COM | Cilacap – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, didampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono resmikan Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, Jl. Brigjend Katamso, Kecamatan/Kabupaten Cilacap Selatan. Selasa (21/06).

Dibangun di atas lahan seluas 7.700 Meter Persegi, revitalisasi Lapangan Eks Yonif 405/SK tersebut akan difungsikan sebagai sarana olahraga bertaraf Internasional yang berstandar FIFA. Sekaligus dijadikan sebagai pusat wisata kuliner dan fasilitas umum lainnya.

Kasad mengatakan bahwa peresmian Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini adalah salah satu pembangunan yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat Cilacap, mengingat minimnya fasilitas Sport Center yang ada di Kabupaten tersebut.

“Saya kalau untuk pemanfaatan umat serta untuk kepentingan bangsa dan negara, jangan terlalu banyak berfikir, tetapi lakukan saja. Ini nanti juga akan menjadi icon-nya Kabupaten Cilacap,” ungkapnya.

Kasad berharap dengan diresmikannya Lapangan tersebut, kiranya bermanfaat bagi masyarakat dan kedepannya dapat dikelola dengan baik. Sebab, sarana tersebut merupakan milik bersama dan nantinya akan menjadi pusat keramaian, sekaligus untuk meningkatkan sumber daya manusia di Cilacap, khususnya dalam bidang olahraga sepak bola.

“Dengan adanya peresmian Lapangan ini semoga dapat menjadikan hubungan antara TNI dengan rakyat semakin erat, karena sejatinya TNI adalah milik rakyat dan sebaliknya rakyat juga semakin mencintai TNI,” tambah Kasad.

Jenderal Bintang Empat tersebut juga mengungkapkan pembangunan tersebut merupakan revitalisasi dari Lapangan Eks Yonif 405/SK. Dimana satuan tersebut telah pindah ke daerah Wangon, sehingga terbengkalai. Dengan adanya saran dari Bupati Cilacap dan Pangdam IV/Diponegoro, maka Lapangan tersebut disulap menjadi sarana olahraga yang kiranya dapat menjadi icon bagi Kabupaten Cilacap.

“Akhirnya ini terwujud berkat adanya kerjasama antara TNI AD, khususnya Kodam IV/Diponegoro dengan Pemerintah Daerah. Semoga ini dapat bermanfaat tentunya kepada generasi muda dalam meningkatkan prestasi di bidang olah raga,” ucapnya.

Kasad juga meluruskan bahwa Lapangan tersebut bukan hanya milik TNI AD, melainkan milik bersama khususnya warga Cilacap, maka perawatannya harus dijaga bersama.

Berkaitan dengan kondisi Lapangan, Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji menjelaskan bahwa kualitas rumput yang dipakai sudah berstandar FIFA seperti yang ada di Stadion Jakarta International Stadion (JIS). Bahkan, lapangan tersebut memiliki fasilitas yang lebih lengkap, sebab dapat digunakan pada siang maupun malam hari.

“Apabila diizinkan PSSI, nantinya bisa digunakan untuk pertandingan Liga 3 maupun Liga 2,” kata Bupati.

Bupati berharap, dengan adanya pembangunan Sport Center ini kiranya dapat menjadi icon Kabupaten Cilacap sekaligus menjaring bakat bakat muda yang dapat mengharumkan Indonesia di kancah Internasional.

Dalam pelaksanaannya, acara peresmian tersebut dihadiri oleh beberapa PJU Mabesad beserta Ketua Umum Persit KCK Ny. Rahma Dudung Abdurachman, Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, Asintel Kasdam Kolonel Inf Wahyu Yudhayana, Aslog Kasdam Kolonel Inf Ahmad Hadi Al Jufri, Aster Kasdam Kolonel  Arm Tejo Widhuro, Kajasdam Kolonel Inf Theopilus Bangun, Kapendam Letkol Inf Bambang Hermanto, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, serta Ketua Persit PD IV/Diponegoro.

Sumber : PendamIV
Published : Biro Jateng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks