Anjangsana Veteran dan Purnawirawan Jadi Tradisi Baru Agustusan di Blora

ANALISAPUBLIK.COM | Blora – Tradisi baru tampak dilakukan Bupati Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati dan Forkopimda dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI tahun 2022 ini.

Jika tahun-tahun sebelumnya hanya diundang hadir pada kegiatan upacara dan tasyakuran, kini Bupati yang akrab disapa Mas Arief ini mencetuskan kegiatan anjangsana ke rumah para Veteran dan Purnawirawan pejuang kemerdekaan.

Seperti yang dilakukan Rabu siang (17/8/2022) kemarin. Usai mengikuti Upacara Peringatan ke 77 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, Bupati dan rombongan langsung berangkat melakukan anjangsana ke sesepuh Veteran dan Purnawirawan.

Lokasi pertama adalah rumah Mbah Sami’an, anggota Veteran berusia 95 tahun yang tinggal di Jl. Serayu, Kelurahan Kedungjenar Kecamatan Blora Kota. Disini, Bupati, Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda melakukan dialog, meminta masukan dan menyerahkan tali asih.

“Maturnuwun, terimakasih Pak Bupati lengkap dengan Bu Wakil Bupati, Dandim, Kapolres, Ketua DPRD, dll. Saya lahir tahun pitulikur (1927), usia 18 saat kemerdekaan 1945 sudah ikut perang angkat bambu runcing sebelum masuk ABRI,” ungkap Mbah Sami’an.

“Kemudian tahun 1951 ditugaskan ke Makassar, pernah juga tugas ke Seram Ambon menumpas RMS. Pernah ke Timor Kupang. Bawa nya ya senjata, angkat senjata. Alhamdulillah masih diparingi sehat. Kuncinya pasrah kepada yang kuasa, dan jangan suka marah. Saya ini takut kalau ada orang marah. Satu lagi kalau kita punya rezeki jangan lupa berbagi,” sambung Mbah Sami’an.

Mbah Sami’an yang kini punya 15 cucu, dan 4 buyut inipun menyampaikan pesan kepada Bupati dan rombongan agar pemerintahan bisa dijalankan dengan baik. Guyub rukun, mengetahui kebutuhan masyarakatnya agar kedepan Blora semakin maju.

Usai dari rumah Sami’an, Bupati dan rombongan lantas bergeser ke Kecamatan Jiken. Anjangsana ke rumah Mbah Suntari (82) purnawirawan Polisi yang tinggal di Dukuh Suruhan, Desa Jiken, Kecamatan Jiken.

Karena rumahnya di dalam komplek perkampungan padat, Bupati dan Forkopimda pun turun jalan kaki sekitar 150 meter dari titik parkir mobil. Sepanjang jalan, Bupati dan rombongan menyapa masyarakat yang sedang beraktifitas.

Setibanya di rumah Mbah Suntari, Bupati disambut yang bersangkutan bersama beberapa anggota Purnawirawan Polri lainnya. Tampak hadir Kepala Dinas Sosial PPPA, Kabag Kesra, Forkopimcam Jiken, dan Kepala Desa Jiken.

Di sini, Bupati juga menyerahkan tali asih dan berdialog dengan Mbah Suntari tentang sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan yang beliau alami. Khususnya karier dalam Kepolisian.

“Pesan kami khususnya untuk Pak Kapolres, dan semuanya saja. Tolong bekerja dengan jujur setulus hati. Saat ini semuanya dapat dinilai langsung oleh masyarakat. Saya yakin kepada jenengan semuanya kedepan Blora akan lebih baik lagi. Baru kali ini ada anjangsana seperti ini. Kami bahagia, terimakasih sudah kerso hadir kesini,” ucap Mbah Suntari.

Sementara itu, Bupati Arief Rohman mengatakan bahwa ini merupakan tradisi baru untuk menghormati para pejuang veteran dan purnawirawan yang dulu ikut memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI.

“Selain ziarah apel kehormatan dan renungan suci di TMP, kita mulai juga anjangsana kepada veteran dan purnawirawan yang masih sugeng. Ini sebagai bentuk penghormatan sekaligus meminta arahan masukan untuk kita kita yang masih muda ini agar bisa melanjutkan perjuangan membangun bangsa dan negara,” terang Bupati.

“Jangan sampai kita yang muda-muda ini lupa dengan jasa para senior, veteran, purnawirawan yang dulu juga berjuang untuk kelangsungan bangsa dan negara. Merdeka..!!,” pungkas Bupati.

Kegiatan anjangsana lantas ditutup dengan sesi foto bersama dengan para purnawirawan di depan rumah Mbah Suntari.

Penulis : Arf
Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks