Danrem 073/Mkt Tanam Jagung di Lahan Eks Asrama Kipan C Yonif 410/Alugoro Grobogan

ANALISAPUBLIK.COM | Grobogan – Dalam rangka membantu pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan, Komandan Korem (Danrem) 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi yang didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 073 PD IV Diponegoro Ny. Deby Purnomosidi serta para Kasi Korem melakukan penanaman jagung bersama di lahan Eks Asrama Kipan C Yonif 410/Alugoro, Pucang Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Selasa, (2/8/2022).

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan bahwa ketahanan pangan merupakan salah satu program TNI AD dalam meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat petani di bidang pertanian serta mengantisipasi krisis pangan.

“TNI AD bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat khususnya dinas Pertanian untuk memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif dengan ditanami budidaya tanaman produktif seperti, padi, jagung dan sebagainya,” ungkapnya.

Menurut Kolonel Inf Purnomosidi, jagung merupakan bahan pokok pengganti beras yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Selain itu, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makan ternak.

“Untuk itu saya mengajak kepada semua masyarakat Kabupaten Grobogan bersama-sama untuk mensukseskan program ini, demi untuk mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Tujuan pembukaan lahan ketahanan pangan ini sebagai implementasi perintah Bapak Presiden RI dan wujud nyata TNI AD mendukung penuh program ketahanan pangan serta membantu Pemerintah daerah dalam menjamin ketersediaan cadangan pangan nasional sekaligus mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan.

Di sisi lain Bupati Grobogan, Sri Sumarni menyampaikan, ketahanan pangan merupakan tanggung jawab bersama untuk mensejahterakan masyarakat khususnya para petani.

“Jagung adalah tanaman potensi dan penuh manfaat, jagung juga digunakan sebagai bahan baku industri makanan olahan,” kata Bupati.

Seiring dengan itu, lanjutnya, juga banyak pabrik pengelolaan jagung yang dibuat untuk pakan ternak. Maka, sudah sangat tepat jika melaksanakan tanam jagung untuk mendukung ketahanan pangan Nasional.

“Kami mengucapkan terimaksih, salah satu bukti kemanunggalan TNI dengan rakyat, beberapa program yang telah diwujudkan, TNI luar biasa saat Pandemi sebagai garda terdepan penanganan Covid 19,” tandasnya.

Penulis : Arf
Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks