Dukung Ketahanan Pangan, Pangdam Diponegoro dan Ganjar Kompak Tanam Jagung

ANALISAPUBLIK.COM | Semarang – Menggandeng Forkopimda Jateng demi mensukseskan program pemerintah dalam rangka ketahanan pangan di masa mendatang, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tanam jagung bersama di daerah latihan Meteseh, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang. Rabu (28/9/2022).

Dengan memanfaatkan lahan kosong aset Kodam IV/Diponegoro, penanaman tersebut ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dan ketahanan pangan khususnya komoditi jagung. Terlebih untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebab, nantinya apabila sudah panen, maka hasilnya akan diberikan kepada masyarakat.

Di sela-sela penanaman, Pangdam mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kehadiran negara melalui Kodam IV/Diponegoro dalam menyediakan bantuan pangan yang baik dan murah kepada masyarakat nantinya setelah panen.

“Hal serupa juga telah dilakukan oleh seluruh satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro, mulai dari Korem hingga Kodim dengan memanfaatkan lahan lahan tidur yang ada di wilayahnya masing-masing. Mudah-mudahan dengan upaya ini bisa membantu pemerintah mensukseskan program ketahanan pangan,” ucap Pangdam.

Dijelaskan Pangdam bahwa saat ini penanaman jagung dilakukan di atas lahan seluas 10 hektar. Sebelumnya di tempat yang sama dengan lahan berbeda, penanaman padi juga telah dilakukan di lahan kurang lebih seluas 45 hektar.

Sementara Gubernur Jateng turut menambahkan, program ketahanan pangan harus terus digencarkan sebagai salah satu antisipasi kelangkaan pangan yang diakibatkan dari ketidakstabilan global.

“Indonesia mempunyai tanah yang subur, ditanami apa saja pasti tumbuh. Melalui lahan lahan kosong seperti ini dapat kita olah menjadi potensi sumber pangan alternatif untuk mengantisipasi krisis pangan,” terang Gubernur.

Melalui kegiatan tersebut, Gubernur mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengoptimalkan setiap lahan kosong yang ada di lingkungan sekitar demi mengatasi dampak krisis pangan. Termasuk merawat lahan yang saat ini ditanami jagung tersebut.

Terkait dengan penanaman jagung yang dilakukan, hal tersebut merupakan wujud kepedulian TNI dalam meningkatkan produksi pertanian dan pangan khususnya jagung. Sekaligus mendukung program pemerintah dalam menciptakan ketahanan pangan, mengingat ketidakstabilan kondisi dunia saat ini yang berdampak pada kelangkaan pangan.

Turut hadir dalam pelaksanaannya PJU Kodam IV/Diponegoro, Kajati Jateng Andi Herman, Kadistanbun Jateng Supriyanto, Kepala PLN Region Jateng, Pimpinan PT. Corin Mulia Gemilang/MAXXI Jateng, perwakilan Kepolisian dan Forkopimda Jateng, serta para kelompok tani setempat. (*)

Editor : Jay

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nyalakan Notifikasi    OK No thanks