Pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Sendang Dapat Apresiasi Masyarakat

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung – Pembangunan Infrastruktur jalan untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat didesa merupakan prasarana vital guna mendukung kelancaran distribusi barang dan jasa, kondisi jalan yang memadai akan meningkatkan produktivitas dan aksesibilitas yang berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Mulyo selaku Sekretaris Desa Nglutung menyampaikan, lancarnya kegiatan sosial ekonomi masyarakat didesa yang ditunjang kondisi jalan yang memadai akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat desa Nglutung, desa Kedoyo dan desa Krosok Kecamatan Sendang merasa sangat senang dan mengapresiasi, karena jalan tersebut yang dulunya mengalami kerusakan cukup parah sehingga kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari sekarang sudah lancar kembali.”imbuh Mulyo, Sabtu ( 04/02/2023 ).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulungagung Dwi Hari Subagyo menyebut secara makro pengerjaan proyek infrastruktur ruas jalan di Tulungagung sepanjang tahun 2022 mengalami peningkatan kualitas.

Seperti pekerjaan Rekonstruksi ruas yang yang menghubungkan Desa Nglutung dan Desa Kedoyo Kecamatan Sendang ini total panjang 1 kilometer lebih, lebar 3,50 Meter serta ketebalan 20 Centimeter yang menelan anggaran sebesar Rp 1.548.486.000,00. sumber Dana dari APBD Tahun 2022.

Dwi Hari juga mengatakan, berkaitan peningkatan mutu kualitas sebenarnya sudah terstandarisasi dari masalah perencanaan maupun pada saat pelaksanaan. Hal itu, semua sudah melalui uji mutu beton di laboratorium.

“Saya akui sepanjang tahun 2022 semua proyek yang telah dikerjakan mengalami peningkatan kualitas. semua pengerjaan proyek infrastruktur ruas jalan tersebut pihaknya sebelumnya telah melakukan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia perwakilan Jawa Timur.

“Sebagai contoh saja untuk mutu beton itu ada peningkatan dari divisi 7 ke divisi 5, hal ini merupakan peningkatan luar biasa,”terangnya.

Dwi Hari juga menjelaskan Pemerintah Kabupaten Tulungagung melalui Dinas PUPR dalam upaya menunjang proyek Jalur Lintas Selatan (JLS) yang melewati Tulungagung pihaknya melaksanakan pembangunan infrastruktur ruas jalan di beberapa titik wilayah pinggiran Selatan.

“Saya membangun sirip-sirip guna menunjang akses jalan itu. Seperti diantaranya ruas jalan di wilayah Brumbun Kecamatan Tanggunggunung dan Keboireng di Kecamatan Besuki,” terangnya.

“Rehab ruas jalan Tumpekmergo-Brumbun lebar 4,5 meter dan panjang 2.808 meter dimulai pengerjaan pada Juli 2022 sampai Desember 2022, sedangkan di wilayah Keboireng rehab ruas jalan lebar 4 meter dan panjang 1.240 meter. Kondisi selesai 100 persen, maka kita terima dengan baik. Dan pada saat serah terima dan kita bayarkan dalam kondisi baik,” imbuhnya.

Sedangkan untuk berita acara serah terima, kami cek langsung ke lokasi sekalian periksa kualitas mutu dan volumenya.

“Apabila ada beberapa titik lokasi karena force majeure ( keadaan memaksa) itu masih dilindungi dalam masa pemeliharaan selama satu tahun.”pungkasnya.
( Endi S )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *