Aliansi Jurnalis Tulungagung Bagikan Bendera Merah Putih

ANALISAPUBLIK.COM | Tulungagung – Aliansi Jurnalis Tulungagung ( AJT) bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Tulungagung membagikan bendera merah putih kepada warga, Kamis (10/8/2023).

Pembagian bendera merah putih bertujuan untuk menanamkan semangat nasionalisme kepada warga masyarakat.

Catur Santoso ketua Aliansi Jurnalis Tulungagung mengatakan pembagian bendera dilakukan dibeberapa lokasi diantaranya Dusun Kebonagung Desa Rejoagung Kecamatan Kedungwaru ,Desa Tulungrejo, Karangrejo, Kelurahan Kutoanyar RT. 01, RW. 09 serta di rumah anggota AJT.

“Karena jumlahnya terbatas maka kita prioritaskan ke rumah warga yang belum terpasang bendera merah putih” kata Catur.

Catur menambahkan pembagian bendera ini Dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-78.

Antusias warga terlihat saat menerima bendera merah putih secara gratis. Sambil menenteng pipa besi warga langsung memasang bendera tersebut didepan rumahnya.

“Mereka mengaku belum memiliki bendera merah putih yang terbaru untuk dikibarkan di hari Kemerdekaan RI ke-78. Kebanyakan dari mereka memiliki bendera namun sudah lama dan usang” Ungkapnya.

Anggota AJT Tidak hanya membagikan bendera kepada warga, namun turut mengganti beberapa bendera milik warga yang sudah lusuh dengan bendera yang baru.

Budi salah satu warga Desa Rejoagung mengaku senang dengan bantuan bendera merah putih.

“Terima kasih telah diberi bantuan bendera , karena kita masih memasang umbul- umbul saja dan bendera belum punya” katanya.

Sementara itu Kepala Bakesbangpol Kabupaten Tulungagung, Bambang Triono memberikan apresiasi dengan kegiatan Aliansi Jurnalis Tulungagung turut membantu Pemerintah Daerah membagi-bagikan bendera merah putih pada warga.

“Pembagian bendera merah putih untuk menanamkan semangat nasionalisme warga dan untuk menyemarakkan HUT Kemederdekaan RI ke-78,” ujarnya.

Bambang menyebut kegiatan AJT sebagai bagian dari pencanangan gerakan pembagian dan pemasangan 10 ribu bendera merah putih di Kabupaten Tulungagung.

“Semoga pada peringatan HUT RI ke -78 ni Kabupaten Tulungagung akan serentak memasang bendera dari pelosok desa hingga kota” pungkasnya.

Sebelumnya Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo membagikan sekitar 10.000 bendera merah putih secara simbolis kepada camat se-kabupaten Tulungagung di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Selasa (01/08/2023).

Pembagian bendera merah putih ini berdasarkan surat edaran Mendagri dan surat edaran Gubernur Jawa Timur agar segera membagikan kepada masyarakat, lembaga institusi swasta dan diserahkan kepada camat.
( Endi S)

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *