Peringati HUT Ke-78 RI, Korem 073/Makutarama Gelar Karya Bakti dan Baksos

ANALISAPUBLIK.COM | Salatiga – Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023, Korem 073/Makutarama menggelar kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial (baksos). Kegiatan ini secara serentak terpusat di Makodam IV/Diponegoro dan tersebar di satuan jajaran yang dilaksanakan secara Virtual. Senin. (14/08/2023).

Pangdam Mayjen TNI Widi Prasetijono melaui Vidio Conference mengatakan, pada peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia tahun 2023 ini, Kodam IV/Diponegoro menggelar Karya Bakti dan Bakti Sosial secara serentak.

Kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial ini merupakan wujud kepedulian Kodam IV/Diponegoro terhadap masalah kebersihan lingkungan sekitar dan rasa kemanusiaan terhadap saudara-saudara yang membutuhkan.

“Semoga apa yang kita lakukan ini dapat bermanfaat dan sekaligus mendekatkan kita kepada rakyat dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,” kata Pangdam.

Panglima Kodam IV/Diponegoro juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini.

“Terimakasih kepada semua pihak, termasuk kepada seluruh anggota dan masyarakat yang berniat mendonorkan darahnya untuk sesama,” ucapnya.

Sementara Korem 073/Makutarama menggelar kegiatan Baksos di pasar Projo Ambarawa, Kabupaten Semarang dengan pendistribusian 200 paket sembako kepada Veteran, masyarakat kurang mampu dan anak penderita Stunting. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi didampingi ketua Persit KCK Koorcabrem 073 PD IV/Diponegoro, Kasrem Letkol Kav Indarto serta para Kasi Korem.

Untuk kegiatan Karya Bhakti dilaksanakan di Balai Makutarama dengan penanaman pohon di sekitar perumahan prajurit Korem 073/Makutarama.

Kolonel Inf Purnomosidi menyampaikan bahwa Bakti Sosial dan Karya Bhakti sudah menjadi program TNI setiap tahunnya. Menurutnya, TNI selalu melaksanakannya dengan memberikan bantuan sembako kepada masyarakatnya.

“Kegiatan Bakti Sosial dan Karya Bhakti yang dilaksanakan ini semata-mata untuk kepentingan rakyat dan akan memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga pada akhirnya TNI dan rakyat semakin solid, semakin dipercaya demi menjaga NKRI,” ujar Kolonel Purnomosidi.

Danrem menambahkan, penghijauan merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AD terhadap lingkungan.

“Karya Bakti ini juga merupakan bentuk kepedulian TNI AD terhadap lingkungan dengan melaksanakan penanaman pohon, sebab, kegiatan ini memiliki nilai program teritorial,” tambahnya. (Jay/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *